Bupati-Wabup Badung Hadiri Pemlaspasan Barong di Banjar Kaja Jati Kutuh

  15 Agustus 2016 TOKOH Badung

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Krama Banjar Kaja jati, Desa Kutuh, Kuta Selatan, Sabtu (13/8/2016) melaksanakan upacara Pujawali, Pawintenan, Pemlaspas Barong Kunti Sraya, di Balai Banjar Setempat. Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang hadir bersama Wakil Bupati I Ketut Suiasa menyatakan adat dan budaya adalah pondasi pembangunan di Kabupaten Badung.
 
 
Kehadiran Bupati, Wakil Bupati, termasuk Ketua DPRD Badung I Putu Parwata dan dua anggota DPRD dapil Kuta Selatan I Wayan Mesir dan I Made Sumertha, menjadi kebanggaan sendiri bagi krama Banjar Kaja Jati. Kelian Banjar Adat Kaja Jati I Ketut Sridana dalam laporannya mengungkapkan, rangkaian upacara kali ini diantaranya, Pujawali di Pura Bebanjaran, Pawintenan, Pemlaspas Barong Kunti Sraya, bertepatan dengan Saniscara uku Wariga, atau Tumpek Uduh.
            
 
Sarana upacara berupa peregembal bebangkit caru ayam 1, yang dipuput Ida Pandita Mpu Jaya Wijayananda dari Griya Kutuh Tegal wangi Kuta. Khusus untuk pemlaspasan barong dan rangda, kata dia, untuk pentas sini bukan untuk disakralkan. Sumber dana pembelian barong dan rangda sebagai upaya pelestarian Adat dan Seni ini dari APBEDes Kutuh, sebesar Rp 80 juta.
 
 
Sementara itu Bupati Giri Prasta menyatakan sangat bangga dengan semangat krama Banjar Kaja Jati dalam melaksanakan upacara yadnya, sebagai bentuk subakti kepada Ida Sang Hyang Widhi. Lebih-lebih dengan pemlaspasan barong dan rangda untuk kesenian, menurut bupati sebagai bentuk kecintaan dalam menjaga seni adat dan budaya.
           
 
"Adat dan budaya adalah pondasi pembangunan di Kabupaten Badung. Mari kita jaga dan lestarikan bersama-sama,"kata bupati. Ditambahkannya, selain untuk meestarikan adat dan budaya, seni pertunjukan barong dan rangda, kedepannya bisa mensejahterakan masyarakat. Mengapa demikian, menurut Bupati obyek wisata Pantai Pandawa yang dimiliki Desa Kutuh, akan lebih lengkap dan menarik bila adanya suguhan tari barong. Pada acara yang juga dihadiri Camat Kuta Selatan I Wayan Wirya, Perbekel Desa Kutuh Wayan Purja, Bendesa Adat Kutuh I Made Wena, serta Kapolsek Kuta Selatan, Bupati menyerahkan punia sebesar Rp 25 juta. (BB)