Bupati Suwirta Tutup KKN ISI Denpasar Tahun 2016 di Nusa Penida

  01 September 2016 HIBURAN Klungkung

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Nyonya Ayu Suwirta menghadiri acara penutupan KKN Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar Tahun 2016 di Wantilan Pura Ped Nusa Penida Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung Rabu malam (31/8/2016).Acara ini juga dihadiri,  Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Raktor ISI Denpasar Prof Doktor I Gede Arya Sugiartha, Dosen ISI Denpasar serta Mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN.

 

Ketua Panitia KKN ISI Denpasar Tahun 2016, Dr Ida Ayu Trisnawati menjelaskan, pelaksanaan KKN ISI Denpasar di Nusa Penida ini bertema “Melalui KKN ISI Denpasar tahun 2016, Kita Wujudkan Masyarakat Berkarakter, Santun dan Inovatif Melalui Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal, “. KKN ini pelaksanaannya berlangsung selama satu bulan. Dimulai dari tanggal 31 Juli sampai 31 Agustus 2016 dengan menerjunkan setidaknya 343 Mahasiswa yang tersebar di 16 Desa di Kecamatan Nusa Penida.

 

Selama sebulan penuh pelaksanaan KKN di Nusa Penida, tim panitia terus melakukan monitoring dan mengevaluasi pencapaian program yang direncanakan. Dari hasil monitoring tersebut, secara umum semua program yang direncakanan oleh mahasiswa saat pelaksanaan KKN berjalan lancar sesuai dengan rencana. “Kegiatan KKN ISI Denpasar telah memberikan stimulus perubahan mind set masyarakat di Nusa Penida yang awalnya kurang peduli, menjadi bangga dengan kesenian yang dimilikinya,” ujar Dr Ida Ayu Trisnawati.

 

“Melihat potensi sumber daya alam dan seni budaya yang sangat potensional dikembangkan di Nusa Penida, ISI Denpasar sangat berharap agar wilayah ini dirancang dengan cermat berbasis seni budaya. sehingga, perkembangan tidak menyimpang dari pakem kehindahan yang berbasis kearifan loka,” kata Ida Ayu Trisnawati

 

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Klungkung I Nyomn Suwirta menyampaikan agar kenangan dan pengalaman yang didapat oleh mahasiswa ISI Denpasar ini, selama melaksanakan KKN di Nusa Penida bisa menjadi bahan pemikiran dan pembelajaran bagi mahasiswa saat sudah berada di kampus. Pihaknya pun sangat mengharapkan  ISI Denpasar ke depannya dapat terus mengembangkan potensi seni di Nusa Penida. “Saya mewakili masyarakat Nusa Penida mengucapkan terimakasih kepada seluruh mahasiswa ISI Denpasar, telah turut menginventarisasi  dan mengembangkan potensi seni di Nusa Penida. Jika tidak keberatan, kami berharap agar ISI Denpasar di tahun-tahun berikutnya dapat kembali melaksanakan KKN di Nusa Penida,” Harap Bupati Suwirta.

 

Selain itu, Raktor ISI Denpasar, Prof Doktor I Gede Arya Sugiartha juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak dan masyarakat di Nusa Penida, karena telah menerima mahasiswa ISI Denpasar dengan baik selama mengikuti kegiatan KKN di wilayahnya. “ISI Denpasar akan selalu berkomitmen untuk membantu pengembangan potensi di Nusa Penida. Kita siap membantu Pemerintah Kabupaten Klungkung untuk mengembangkan seni di Nusa Penida seperti MoU yang sudah disepakati bersama,” kata Gede Arya Sugiartha.(BB)