Lepas Peserta Napak Tilas Kapten Mudita

Bupati Made Gianyar Minta Generasi Muda Tiru Semangat Juang Pahlawan

  15 Agustus 2017 PERISTIWA Bangli

Humas Prov Bangli

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Bangli. Tidak kurang dari seribu peserta dari usur pegawai, TNI/Polri, pelajar, sekaa teruna dan Pemuda Panca Marga (P2M) Kabupaten Bangli, mengikuti napak tilas jejak pahlawan Kapten TNI A.A. Anom Mudita serangkaian HUT RI ke-72, Selasa (15/8). Napak tilas yang dipusatkan di Lapangan Kuta Undisan, Desa Kayubihi, Bangli dilepas oleh Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.Hu.,M.Kn., didampingi Forkompinda Bangli, Sekda Bangli I.B. Gde Giri Putra dan Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Bangli.
 
Bupati Bangli Made Gianyar pada kesempatan itu menyampaikan, peringatan HUT RI ke-72 tahun ini akan dilaksanakan selama sebulan penuh. Hal ini mengacu pada surat edaran Presiden yang mewajibkan pemerintah daerah sebulan penuh merayakan bulan kemerdekaan untuk merayakan dan mengenang nilai-nilai sejarah perjuangan pahlawan. Sedangkan tujuan dari dilaksanakan napak tilas, lanjut dia, bukan hanya untuk mencari jejak sejarah perjuangan para pahlawan. Namun jauh lebih dalam, esensi dari napak tilas adalah untuk mengingatkan kepada generasi penerus akan nilai-nilai nasionalisme, parsatuan dan kesatuan, semangat kerja keras, pantang menyerah yang telah dicontohkan para pejuang.
 
Jelas Bupati Made Gianyar, kemerdekaan yang generasi sekarang nikmati bukanlah jatuh dari langit, melainkan berkat kegigihan para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan. Sehingga kebebasan yang kita nikmati sekarang adalah buah dari perjuangan para pahlawan kita. Sudah sepatutnya sebagai generasi muda kita bisa mengikuti jejak semangat pahlawan terdahulu. Semangat yang dimaksud, kata dia, bukan untuk berperang secara fisik melainkan berperang untuk mengentaskan kemiskinan, kebodohan sehingga kita bisa sejajar dengan negara maju lainnya. “Melalui napak tilas kita ingin mengajarkan generasi muda bisa mengikuti semangat para pejuang, semangat untuk tidak pantang menyerah dan selalu bekerja keras untuk mengisi mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang postif”jelas Bupati Made Gianyar.
 
  
Sementara itu Sekda Bangli I.B. Giri Putra yang sekaligus ketua panitia penyelenggara mengatakan, selain untuk mengenang dan mengingatkan generasi muda akan kebesaran dan pengorbanan pahlawan Kapten A.A. Anom Mudita, napak tilas ini juga dimaksudkan untuk memeriahkan peringatan Hut RI ke 72 di Kabupaten Bangli. Lanjut Sekda Giri Putra, rute yang ditempuh adalah start dari lapangan Kuta Undisan Desa Kayubihi menuju Pura Pangsut, Banjar Kayang, hutan bambu Desa Penglipuran dan finish di Makam Pahlawan Penglipuran dengan jarak tempuh mencapai 6 Km.
 
Lebih lanjut Sekda Giri Putra menyampaikan, untuk lebih menyemarakkan suasana, peserta napak tilas juga diwajibkan mengenakan seragam bernuansa merah putih. Terlihat juga ada peserta yang membawa kelengkapan perang semasa penjajahan seperti bambu runcing yang diikat dengan bendera merah putih. Dipilihnya rute ini, jelas Sekda Giri Putra, karena disi ada jejak perjalanan perjuangan Kapten A.A. Anom Mudita dan kawan-kawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. “Melalui kegiatan ini, kita berharap peserta bisa mengetahui sejarah perjuangan Kapten A.A. Anom Mudita dalam memperjuangkan kemerdekaan”pungkas Sekda Giri Putra. (BB)