Bupati Agung Bharata Buka Taman Nusantara II

  28 Juli 2016 PERISTIWA Gianyar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Gianyar. Bentuk peradaban bangsa dalam tiga komponen pendidikan di Gianyar, Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata buka Taman Nusantara II. Hal tersebut terungkap saat Bupati Agung Bharata sematkan tanda peserta sebagai tanda dibukanya acara di Wantilan Pura Dalem Tengaling Pejeng, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring,  Gianyar, Kamis (28/7/2016).

Ketua Panitia Pelaksana, I Made Suradnya mengatakan Taman Nusantara merupakan trobosan Pemkab Gianyar yang dipimpin Bupati Agung Bharata. Taman ini merupakan upaya mewujudkan fungsi pendidikan yang terbagi atas tiga komponen yakni, mengembangkan kemampuan, membentuk watak dan membentuk peradaban bangsa. Taman Nusantara diikuti siswa/siswi setara SMP/MTs yang berasal dari berbagai agama se-Kabupaten Gianyar. Peserta akan tinggal di SMPN 3 Tampaksiring selama lima hari dimulai (28/7) hingga (2/8) mendatang dengan mengikuti pelbagai kegiatan. “Kami berharap kegiatan ini bisa membangun pengetahuan tentang akulturasi agama di Gianyar,”papar Suradnya.

Kegiatan Taman Nusantara II merupakan kegiatan pesraman lintas agama dan dibuka Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata. Kegiatan juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Gianyar, FKUB, SKPD terkait, peserta serta undangan lainnya. Acara diawali dengan pementasan Tari Sekar Jagat yang dibawakan anak-anak asal SMPN 3 Tampaksiring. Panitia mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati Gianyar, FKUB, peserta dan seluruh narasumber yang akan memberikan pemahaman dan menyiapkan berbagai bahan ajar kepada peserta.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan Taman Nusantara II juga ingin membangun pemahaman keanekaragaman agama serta pengalaman praktis dari tempat suci agama-agama di Gianyar. Sebanyak 80 peserta asal berbagai agama akan diberikan pemahaman, pembelajaran serta kunjungan lapangan terkait keanekaragaman agama di Gianyar.  “Melalui kegiatan Taman Nusantara ini, kami berharap terbinanya kerukunan antar umat beragama di Gianyar, sehingga terjaga stabilitas dan sinergi dalam membangun Gianyar,”imbuhnya.

Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata mengapresiasi kegiatan ini, apalagi kegiatan ini berhubungan dengan pendidikan karakter. Agung Bharata juga berharap Taman Nusantara bisa dilaksnakan secara berkesinambungan. Jika potensi Gianyar dikelola dengan baik dan perbedaan dikelola dengan baik, tentu akan menjadi pemicu persatuan serta menumbuhkan rasa kebersamaan. Mewujudkan persatuan dan kesatuan antar umat merupakan tugas kita semua dan generasi muda, “Saya ucapkan selamat mengikuti Taman Nusantara kepada para peserta dan semoga bermanfaat bagi peserta,”papar Agung Bharata.

Taman Nusantara merupakan upaya melanjutkan Taman Siswa yang digagas para pejuang kemerdekaan di Jogjakarta, namun kini bagaimana generasi muda bisa meneruskan perjuangan tersebut dengan berbagai pembangunan. Agung Bharata juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan kepadapara  peserta, Agung Bharata berharap agar apa yang diperoleh di Taman Nusantara diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. (BB).