Bukan Untuk Sensor! Ternyata Ini Fungsi Lampu Kecil di Atas Remote

  08 Oktober 2016 OPINI Nasional

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Coba kamu perhatikan remote TV, AC, DVD di rumah kamu ,  pasti disetiap bagian tengah ujung remote terdapat bola lampu kecil bukan ?
 
 
Mungkin banyak orang beranggapan jika lampu tersebut berfungsi sebagai sensor remote sehingga remote bisa berfungsi memindahkan chanel sesuai tombol yang kamu pencet pada remote.
 
 
Namun ternyata , fungsi dari lampu pada ujung remote itu bukanlah sebagai sensor. Lampu pada remote mungkin jika dilihat dengan mata telanjang terlihat bening.
 
 
Akan tetapi, coba kamu arahkan lampu itu pada kamera ponsel lalu tekan salah satu tombol remote. Hasilnya , akan ada sebuah cahaya warna ungu yang terpancar.
 
 
Cahaya berwarna ungu itu disebut sebagai emitor IR yang berfungsi untuk mengecek kapasitas baterai dari remote tersebut. Jika cahayanya redup, maka berarti baterai dari remote itu sudah akan habis.
 
 
Jadi , fungsi lampu pada remote itu bukan sebagai sensor melainkan sebagai salah satu tanda buat mengecek seberapa kapasitas batrai remote.(BB/Palingseru).