Bersama SOKSI, Gus Adhi Gelar Aksi Kemanusiaan Donor Darah dan Bagikan Paket Sembako

  28 Mei 2020 TOKOH Badung

Anggota Komisi IV DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Gus Adhi) sela-sela kegiatan donor darah dan bagikan paket sembako di Jro Amatra, Kerobokan, Badung, Kamis (28/5/2020).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Serangkaian menyambut HUT ke-60 SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia), Anggota Komisi IV DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) tak tinggal diam namun kembali menggelar aksi sosial kemanusiaan di Jro Amatra, Kerobokan, Badung, Kamis (28/5/2020).

Jika sebelumnya serangkaian HUT ke- 60 SOKSI, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) yang akrab disapa Gus Adhi menggelar buka puasa bersama, menyerahkan bantuan 1.100 paket sembako, santunan anak yatim dan dhuafa di Jro Amatra, Kerobokan, Badung, Sabtu petang (23/5/2020) serta serangkaian menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H, kini Gus Adhi menggelar aksi sosial kemanusiaan berupa donor darah dan pembagian vitamin dikediamannya di Jro Amatra, Kerobokan, Badung.

Aksi sosial kemanusiaan ini melibatkan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Badung, BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Bali, para atlet tarung derajat, atlet dan pelatih PPS (Persatuan Pencak Silat) Kertha Wisesa Bali, kader SOKSI Bali dan masyarakat lainnya.

"Kegiatan ini (donor darah) adalah panggilan kemanusiaan, sebab setetes darah kita sangat berharga bagi yang membutuhkan, apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini," ucap Gus Adhi yang juga Ketua Depidar XXI SOKSI Provinsi Bali.

Politisi senior Golkar asal Kerobokan, Badung ini menyatakan ada beberapa sasaran yang ingin dicapai dari aksi kemanusiaan donor darah ini. Pertama, donor darah ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Hal kedua, lanjut Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, lingkungan hidup, kehutanan dan kelautan ini bahwa kegiatan kemanusiaan ini untuk memberikan bantuah darah bagi mereka yang membutuhkan.

"Donor darah ini bisa menyehatkan dan juga meningkatkan imunitas. Di era Covid-19 ini kebutuhan akan darah tinggi, sementara persediaan darah menipis, jadi kita bantu siapkan stoknya," jelas Gus Adhi.

Gus Adhi mengaku dalam aksi kemanusiaan donor darah ini berhasil terkumpul 53 ampul kantong darah. Menurutnya, kegiatan donor darah ini akan dilaksanakannya secara rutin setiap 3 bulan sekali.

"Untuk berbuat kebaikan kita tidak harus dengan memberikan barang ataupun materi, namun salah satunya bisa dengan memberikan setetes darah kita untuk kemanusiaan," terang Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali ini.

Usai kegiatan donor darah, Gus Adhi kembali menyerahkan bantuan paket sembako untuk membantu warga terdampak Covid-19. Namun kali ini bantuan paket sembako khusus diberikan kepada 50 orang guru SMP Ngurah Rai Badung.

Sementara, Kepala BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Bali Dr. R. Agus Budi Santosa mengapresiasi kegiatan donor darah yang diinisiasi Gus Adhi ini. Ia pun mendukung penuh kegiatan ini dan mengaku sebelumnya juga telah bersinergi dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan Gus Adhi selaku Anggota Komisi IV DPR RI.

"Dengan donor darah kita bisa menolong orang sekaligus menyehatkan diri sendiri. Untuk donor darah kali ini kami juga kirimkan beberapa anggota untuk ikut," ujar Agus.

Apresiasi positif terhadap kegiatan donor darah yang diinisiasi Gus Adhi ini jug disampaikan salah satu staf PMI Kabupaten Badung Nova Hariawan. Ia mengaku PMI kekurangan stok darah di tengah pandemi Covid-19 dimana rata-rata kebutuhan darah per hari 20 kantong.

"Stok darah kita menipis sekarang, hanya ada 30 kantong," ungkap Nova.

Ia mengaku PMI Badung kesulitan menerima donor darah sukarela di tengah penerapan physical distancing dan kekhawatiran orang-orang terpapar virus Corona atau Covid-19. Nova berharap masyarakat bersedia menjadi pendonor sukarela dengan datang ke kantor PMI Badung di sebelah barat RS Mangusada, Badung.

"Dulu kami juga gelar donor ke hotel-hotel. Tapi sekarang kan karyawan hotel banyak dirumahkan, hotel ditutup," katanya.

Seperti diberitakan Baliberkarya.com sebelumnya, Gus Adhi bersama bersama Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Pengawasan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Denpasar Anwar di Jro Amatra, Kerobokan, Badung pada Selasa (19/05/2020) lalu menyerahkan bantuan 1.000 paket ikan kembung dengan kandungan Omega 3 yang mengalahkan kandungan ikan Salmon. 

Bantuan itu diberikan khusus kepada ibu hamil dan menyusui, masyarakat kurang gizi, mahasiswa, bidan, perwakilan sulinggih, dan kelompok masyarakat lainnya yang membutuhkan serangkaian Bulan Mutu Karantina Tahun 2020 dengan tema "Ikan Sehat Bermutu untuk Menanggulangi Covid-19".(BB).