Berjasa dan Berprestasi, Tokoh Perempuan Jembrana Terima Penghargaan

  10 Juni 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Tokoh perempuan asal Kabupaten Jembrana, Ni Putu Witari menerima penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi atas jasanya di bidang sosial budaya dalam rangka  Peringatan Hari Kartini Tahun 2023. 

Penghargaan yang ditanda tangani oleh Ibu Negara, Hj. Iriana Joko Widodo dan ibu Wakil Presiden Hj. Wury Ma'ruf Amin tersebut, diserahkan oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali, Ni Luh Ayu Ariani pada acara Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 Tingkat Provinsi Bali Tahun 2023 di Panggung Terbuka Ardha Candra, Denpasar, Jumat (9/6).

Hadir langsung, Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo yang didampingi oleh ibu Wakil Presiden Hj. Wury Ma'ruf Amin beserta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), acara tersebut dirangkaikan dengan Parade Perempuan Berkebaya Adat Bali yang mengusung tema “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh”.

Witari yang menerima penghargaan sebagai Perempuan Berjasa dan Berprestasi bidang sosial budaya, merasa bangga atas penghargaan yang diperolehnya. Kendati demikian, Ia mengaku masih banyak hal yang harus Ia lakukan untuk kesejahteraan perempuan dan anak khususnya di Jembrana. 

"Saya menyampaikan terimakasih atas penghargaan yang diberikan. Sejatinya saya merasa belum layak dan pantas menerima penghargaan yang luar biasa ini dengan predikat Perempuan Berjasa dan Berprestasi karena merasa masih banyak yang harus dilakukan untuk pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak," ucap Witari.

Perempuan yang aktif sebagai relawan sosial ini mengatakan, penghargaan tersebut juga sebagai motivasi untuk berbuat lebih banyak lagi sehingga bermanfaat bagi masyarakat khususnya perempuan dan anak. 

Ditambahkannya, penghargaan yang Ia terima juga tidak terlepas dari bimbingan, dukungan dan motivasi dari Dinas PPPAPPKB Kabupaten Jembrana  yang terus melakukan pemberdayaan dan motivasi dalam peningkatan kualitas perempuan di Jembrana.

"Saya kerap dijadikan narasumber dalam kegiatan dinas PPPAPPKB dan diajak pendampingan jika ada masalah-masalah yang terjadi baik pada perempuan dan anak dibawah umur. Karena itu saya pribadi menyampaikan terimakasih atas bimbingannya sehingga bisa banyak belajar untuk kemajuan perempuan di Jembrana. Dan semoga ke depan banyak lagi kegiatan bermanfaat bisa kita lakukan", ujar Witari.

Dilain sisi, Kadis PPPAPPKB Kabupaten Jembrana, Ni Kade Ari Sugianti didampingi Kabid PPPA I Nengah Suparta menyampaikan Witari dikenal sebagai sosok yang peduli dengan warga tidak mampu, selain itu juga sering memberikan edukasi kepada masyarakat secara langsung. 

"Pemilihan tokoh perempuan Jembrana dengan memperhatikan aktivitasnya selama ini yang kerap memberikan edukasi tentang perlindungan anak, memberdayakan dan memberikan semangat kepada kaum perempuan dan kepeduliannya terhadap masyarakat kurang mampu. Demikian juga ikut mencarikan solusi jika ada permasalahan yang dialami warga atau lansia tidak mampu dengan berkoordinasi dengan perangkat desa dan Pemkab serta komunitas/Yayasan," ucap Suparta.

Selain itu, Suparta mengatakan Witari juga sering diminta sebagai narasumber dalam memberikan motivasi dan pemberdayaan baik bagi perempuan maupun anak. Serta sering diminta memberikan edukasi dalam pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. "Dia juga sering kita ajak memberikan berbagai informasi pemberdayaan perempuan dan perlindungan kepada anak, serta pencegahan KDRT," imbuhnya.

Suparta berharap, dengan penghargaan yang diterima Witari menjadikan dirinya semakin termotivasi dalam membantu masyarakat kurang mampu, memberdayakan perempuan dan memberikan perlindungan terhadap anak. "Semoga dengan penghargaan yang ia terima, menjadi motivasi untuk tetap mengabdikan diri pada masyarakat," tandasnya. (Rls/BB)