BEM FTP Unud Laksanakan Bakti Ilmiah Sosial Mahasiswa di Desa Manukaya, Tampaksiring

  18 Juni 2023 PENDIDIKAN Gianyar

Baliberkarya (Dok UNUD)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Gianyar. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (BEM FTP Unud) telah melaksanakan Program Bakti Ilmiah Sosial Mahasiswa (BISMA) di Wantilan Tribhuwana, Banjar Tatag, Desa Manukaya Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu 18 Juni 2023 yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D. beserta jajaran, serta turut hadir Camat Kecamatan Tampaksiring Bapak I Dewa Gde Pariyatna, S.STP., Perbekel Desa Manukaya, Warga Desa dan seluruh Dosen serta Mahasiswa di Lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian.

BISMA merupakan program kerja BEM FTP Unud di bidang pengabdian kepada masyarakat yang berkolaborasi dengan Dosen FTP Unud. Pada kegiatan yang dilaksanakan diberikan pelatihan dari peserta yaitu Mahasiswa Angkatan termuda yang mengikuti Kegiatan BISMA. Kelompok yang terpilih adalah kelompok dengan ide projek terbaik. Tahun ini, kelompok mahasiswa yang berkesempatan untuk memberikan masukan kepada masyarakat Desa Manukaya guna mengoptimalkan dan inovasikan potensi yang ada di Desa Manukaya terdiri dari 3 kelompok. Kelompok mahasiswa dari Program Studi Teknologi Industri Pertanian dibawah bimbingan  Dr. Ir. Lutfi Suhendra, M.P. memberikan pelatihan yang berkaitan dengan Pelatihan Produk Lilin Aromatheraphy Jeruk, Kelompok Mahasiswa dari Program Studi Teknologi Pangan.

Sedangkan dibawah bimbingan. I Gede Arie Mahendra Putra, S.TP., M.TP. memberikan pelatihan berkaitan dengan Inovasi pengolahan produk Kapulaga menjadi Es Krim Kapulaga serta Kelompok Mahasiswa Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem dibawah bimbingan  Dr. I Putu Surya Wirawan, STP.,M.Si. memberikan pelatihan yang berkaitan dengan pembuatan pupuk organik cair. Selain itu, dilaksanakan juga kegiatan gotong royong yang dilaksanakan oleh peserta di sekitaran area Desa Manukaya, pengumuman apresiasi peserta BISMA 2023, serta penutupan kegiatan.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D. mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Mahasiswa, dirinya berharap semoga kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi tetap dapat dilaksanakan. "Saya juga berharap semoga kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Desa Manukaya," ucapnya.

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3164-Serukan-Dari-Hati-Kita-Mengabdi-BEM-FTP-Unud-Laksanakan-Bakti-Ilmiah-Sosial-Mahasiswa-di-Desa-Manukaya-Tampaksiring-Gianyar.html