Begini Kronologi Kebakaran Wantilan Pura Dalem Ped Hingga Rugikan Rp 700 Juta

  20 Agustus 2019 PERISTIWA Klungkung

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Kebakaran wantilan di depan Pura Taman Penataran Pura Dalem Ped Nusa Penida menghebohkan masyarakat sekitar. Baik masyarakat sekitar mau pun instansi terkait belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran.
 
 
Apalagi saat itu kondisi pura memang sedang sepi pemedek. Dari sejumlah informasi yang didapat, berikut kronologi terjadinya kebakaran yang meludeskan wantilan pura ini.
 
Sesuai data yang diberikan Camat Nusa Penida I Komang Widiasa Putra disebutkan sekitar pukul 20.00 wita, Senin (19/8/2019) telah terjadi peristiwa kebakaran di salah satu bangunan wantilan di areal Pura Penataran Ped. Tepatnya wantilan di depan Pura Taman.
 
 
Sekitar pkl 20.00 wita saksi I Wayan Muter (40) yang merupakan pengayah tetap di Pura Penataran Dalem Ped sedang berada di areal parkir pura melihat cahaya terang dari depan Pura Taman.
 
Setelah dicek I Wayan Muter yang saat itu bersama Indra (40) melihat api sudah membakar bagian atap wantilan tersebut. Melihat kejadian tersebut keduanya pun panik dan berusaha meminta tolong kepada masyarakat sekitar dan berusaha menghubungi pemadam kebakaran. 
 
 
Sekitar pukul 20.30 wita pemadam kebakaran datang ke lokasi dan api dapat dipadamkan kurang lebih pukul 21.30 wita. Akibat kejadian tersebut total kerugian diperkirakan kurang lebih Rp 700 juta.
 
 
Pada saat kejadian situasi di Pura Ped masih dalam keadaan sepi dan hanya ada kurang lebih lima orang yang melaksanakan persembahyang. Kebakaran tersebut tidak merembet ke pelinggih pura lainnya. Dugaan penyebab kejadian masih dalam lidik.
 
"Terakhir sudah dalam proses pendinginan untuk memastikan tidak ada bara," jelas pejabat yang akrab dipanggil Komang Wepe ini. (BB)