Begini Cara Menghapus Saluran BBM Palsu

  21 Januari 2017 OPINI Nasional

Baliberkarya/detik

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Nasional. Pesan ajakan untuk bergabung di Saluran BBM memiliki potensi bahaya cukup besar. Nah bagaimana cara menangkal ancaman tersebut?
 
Menurut Direktur Vaksincom Alfons Tanujaya jika pengguna menerima pesan ajakan Saluran BBM baiknya diabaikan saja. Namun bila terlanjur mengikuti, ada baiknya untuk meninggalkan atau menghapu saluran tersebut.
 
 
Adapun caranya meninggalkan Saluran BBM sebagai berikut :
1. Jalankan aplikasi BBM
2. Tekan menu utama
3. Pilih Channels
4. Pilih saluran yang telah diikuti
5. Lalu tekan menu di kanan atas
6. Pilih Leave atau Tinggalkan Saluran.
 
 
Sebelumnya telah diberitakan, sepanjang Jumat (20/1/2017) banyak pengguna melapor bahwa mereka menerima pesan broadcast yang berisi undangan untuk bergabung ke Saluran BBM. Pengguna diimingi bebas kuota bilang mengikuti ajakan tersebut.
 
Menurut Alfonds mengatakan saluran BBM ini memang tidak akan mencuri data pengguna, asalkan yang dikirimkan hanya berupa informasi. Tapi lain soal bila yang terkirim adalah virus.
 
Namun ancaman yang lebih serius ketika Saluran BBM ini disalahgunakan. Misalnya dipakai buat menyebar hate speech, hoax, penipuan, sara dan iklan porno. 
 
 
Pihak BBM telah mengonfirmasi masalah Saluran BBM lewat akun Twitternya. Mereka menegaskan bahwa saluran tersebut palsu. 
 
Selain itu pengguna diminta untuk tidak bergabung dan menyebarkannya. Saat ini mereka tengah berupaya mengatasi masalah ini. (BB/detik).