Bangun Bangli dari Desa, Wabup.Sedana Arta Serahkan Bantuan Gerbangdessigot Rp 1M di Penglumbaran

  20 Oktober 2017 TOKOH Bangli

ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Sebagai komitmen terhadap pembangunan Bangli dari desa, Wakil Bupati (Wabup) Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE didampingin sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Jumat (20/10/2017) menggelar program Gerakan Membangun Desa Dengan Sistim Gotong Royong atau yang lebih dikenal dengan Gerbangdessigot di Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut Bangli. Saat acara berlangsung Wabup Sedana Arta juga menyerahkan dana Gerbangdessigot sebesar Rp 1 Miliar yang diterima secara simbolis oleh Perbekel Desa Penglumbaran I Wayan Artawan. Selain itu dalam program Gerbangdessigot ini juga digelar berbagai kegiatan sistim  jemput bola seperti pelayanan kesehatan gratis oleh Dinas Kesehatan Bangli, pelayanan akte kependudukan oleh Disdukcapil Bangli, pelayanan KB oleh Dinas Pengendalian Penduduk Bangli dan penyerahan bantuan bedah rumah, bantuan sembako dan pembinaan lansia oleh Dinas Sosial Bangli.

Mengawali kegiatan Gerbangdessigot di Desa Penglumbaran, Wabup Sedana Arta didampingi jajaran meninjau pembangunan fisik yang keseluruhan dananya berasal dari program Gerbangdessigot dan Gerbang Gita Santi, seperti pembangunan Gelung Kori Pura Dadia Pasek Gelgel dan finishing pembangunan balai banjar di Banjar Dinas Serai, dilanjutkan dengan meninjau pembangunan bendah rumah I Wayan Guna dan finishing balai banjar di Banjar Dinas Sri Batu, meninjau rehab balai banjar di Banjar Dinas Jeruk Mancingan, meninjau pembangunan jalan hotmix di jalan Maspiling, meninjau pembangunan balai banjar di Banjar Dinas Kembang Merta dan puncaknya digelar penyerahan bantuna-bantuan progam Gerbangdessigot dan tatap muka Wakil Bupati Bangli dengan masyarakat di halaman Kantor Perbekel Desa Penglubaran.

Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta pada kesempatan itu menyampaikan, program Gerbangdessigot merupakan salah atu program unggulan di Kabupaten Bangli selain program ADD yang besar ke desa, Gerbang Gita Santi dan Hotmix masuk desa. Untuk tahun 2017, Pemkab Bangli mengalokasikan dana sebesar Rp 6 Miliar untuk program Gerbangdessigot yang akan diterima oleh 6 desa. Artinya dalam program Gerbangdessigot ini masing-masing desa akan mendapatkan alokasi dana mencapai Rp 1 Miliar.

BACA JUGA :
 

Lanjut Wabup Sedana Arta menjelaskan, hadirnya program Gerbangdessigot ini diharapkan mampu menjawab semua kebutuhan masyarakat. “Jika selama ini ada kesan usulan masyarakat selalu berulang tahun. Selalu diusulkan tetapi tidak terealiasi, maka dengan program ini akan dapat menjawab kebutuhan masyarakat melalui usulan yang disampaikan masyarakat”jelasnya.

  

Disampaikan juga, Gerbangdessigot merupakan program linier yang sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat. Kalau dipusat Presiden memiliki program membangun Indonesia dari pinggir, kalau di Bangli program Gerbangdessiot menekankan pembangunan Bangli dari desa dan keluarga. Bahkan program ini sudah berjalan sejak tahun 2010 lalu. Selain itu Gerbangdessigot juga sangat sejalan dengan program pusat yang menekankan program pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan badan usaha milik desa atau Bumdes. Sehingga dana dari Gerbangdessigot ini juga wajib digunakan untuk memajukan Bumdes yang ada didesa. Hal ini dilakukan melalui penyerataan modal ke dalam Bumdes yang nantinya akan dapat dimanfaatkan oleh Bumdes untuk pengembangan unit-unit usaha yang potensial. “Kalau Bumdes bisa berkembang dengan baik, tentu pendapatan asli desa (PAD) bisa meningkat. Dengan meningkatnya PAD tentu kemandirian desa dalam hal ekonomi dan keunangan bisa lebih berdiri diatas kaki sendiri (berdikari). Dengan berdikari desa pasti lebih leluasa dalam melakukan pembangunan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. Jadi komitmen Pemkab Bangli membangun Bangli dari desa dan membangun desa dari keluarga sudah diwujudnyatakan melalui APBD Bangli melalui program-program yang pro rakyat yang salah satunya adalah Gerbangdessigot”pungkasnya.

Sementara itu Perbekel Desa Penglumbaran Wayan Artawan pada kesempatan itu menyampaikan, mewakili masyarakat pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Bangli karena selama ini telah banyak megucurkan program-program yang memang dibutuhkan masyarakat. Seperti Program Gerbangdessigot, menurutnya program ini sangat berpihak dan sangat meringankan beban masyarakat. Karena dana dari program ini tidak hanya bisa menyentuh pembangun fisik dan pemberdayaan masyarakat, tetapi juga bisa digunakan untuk penguatan modal Bumdes. “Kita sangat mengapresiasi program-program yang diluncurkan Pemkab Bangli utamanya ADD yang besar, Gerbang Gita Santi, Hotmix masuk desa dan Gerbangdessigot. Semua program ini sangat nyata dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat”tutupnya.(BB)