Bali Mandara Mahalango Kembali Digelar

  10 Juli 2017 HIBURAN Denpasar

Humas Provinsi Bali

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Seusai pelaksanaan PKB selama sebulan penuh, Pemprov Bali kembali gelar pelaksanaan even Bali Mahandara Mahalango yang merupakan ruang bagi para seniman dan budayawan untuk berkreasi dalam menampilkan hasil karyanya masing-masing, sehingga seni yang sudah menyatu dengan kehidupan masyarakat Bali dan menjadi pendukung utama sektor pariwisata bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya bagi para pelaku seni.
 
Demikian penegasan yang disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat membuka secara resmi pelaksanaan even Bali Mandara Mahalango (BMM) ke IV ditandai dengan pencabutan Kayonan, yang digelar di Panggung Terbuka Ardha Candra, Art Centre, Denpasar, Minggu (9/7).
 
“Pagelaran Mahalango diselenggarakan guna membuka ruang seluas-luasnya bagi para seniman dan budayawan untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasinya, sehingga seni yang menjadi jalan hidup masyarakat Bali bisa memberikan kesejahteraan pada masyarakat khususnya bagi para pelaku seni. Hidup tidak hanya untuk berkesenian, tapi seni juga harus bisa memberikan penghidupan,”cetus Pastika.
 
 
Lebih jauh, Gubernur Pastika dalam sambutannya menyatakan Bali tidak memiliki sumber daya alam yang bisa menjadi sumber pendapatan bagi daerah seperti daerah lainnya di Indonesia, Bali hanya memiliki sumber daya manusia yang berkebudayaan, yang mempunyai kreatifitas yang tinggi dibidang kesenian. Satu-satunya daerah yang bisa mensejahterakan masyarakatnya tanpa menggali kekayaan alam adalah Provinsi Bali.
 
Untuk itu potensi dan kekuatan dibidang seni yang dimiliki harus terus dikembangkan, ditingkatkan, dan dibina, yang diawali dengan apresiasi dan penghargaan dari seluruh masyarakat bagi para seniman.
 
“Kita, pemerintah dan seluruh komponen masyarakat Bali harus bisa memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pelaku seni, dengan begitu para seniman akan dapat mengembangkan kemampuannya dengan lebih baik,”imbuh Pastika yang kala itu turut didampingi Ny. Ayu Pastika, Wagub Ketut Sudikerta bersama Ny. Dayu Sudikerta, Sekda Provinsi Bali Cokorda Ngurah Pemayun, Wakil DPRD Provinsi Bali Sugawa Kory, serta jajaran pimpinan OPD dilingkungan Provinsi Bali.  
 
Untuk mencapai tujuan tersebut, Gubernur Pastika pun berharap seluruh komponen masyarakat ikut berperan aktif dalam membangun dan memelihara seni di Bali. Dukungan dari pemprov pun diutamakan dalam bentuk anggaran yang cukup besar yang direalisasikan dalam even-even seni selama setahun penuh, yang ditujukan untuk menggarap potensi seni agar bisa berkembang lebih besar.
 
Dan hasil peningkatan itu pun semakin terlihat, kualitas pariwisata Bali pun semakin dilirik, hal ini terihat dari banyaknya tamu-tamu terhormat yang berkunjung ke Bali seperti mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, serta selebriti dunia. Untuk itu, Gubernur Pastika pun berharap masyarakat tetap bisa menjaga sopan santun dan perilaku, demi kondusifitas Bali.
 
Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha, dalam laporannya menyampaikan bahwa Bali Mandara Mahalango ke-IV tahun 2017 akan menampilkan seni tari pilihan, yang tujuannya untuk memupuk kecintaan masyarakat terhadap seni Bali yang adiluhung, memberikan ruang berkreasi, dan  mengoptimalkan pemanfaatan art centre.
 
Pembukaan BMM ke IV dimeriahkan oleh para artis dan seniman yang tergabung dalam grup Pramusti Bali, serta diisi kuis yang berhadiahkan sepeda motor dan sejumlah sepeda gunung. (BB/prov)