Bali dan NTB Diguncang Gempa 4.8 SR, 'Tidak Berpotensi Tsunami'

  22 Mei 2018 PERISTIWA Denpasar

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Wilayah Selatan Bali diguncang gempabumi tektonik berkekuatan M=4.8 SR. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,02 LS-115,63 BT, tepatnya di Samudra Hindia pada jarak 33 km arah Tenggara Klungkung pada kedalaman 91 km, Selasa (22/5) sekira pukul 18:01:43 WITA. 
 
 
Data dari BMKG menunjukkan, dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shake map) menunjukkan bahwa wilayah selatan Bali seperti Denpasar, Kuta dan Mataram II SIG-BMKG (III MMI), Karangasem dan Jimbaran I SIG-BMKG (II MMI). 
 
"Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan oleh beberapa warga yang merasakan dampaknya, seperti di wilayah Sanur dan sekitarnya," ungkap Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar Drs. Taufik Gunawan, Dipl SEIS dalam keterangan rilisnya Selasa (22/5). 
 
Dampak gempabumi pada skala intensitas I-II SIG-BMKG semacam ini, katanya,  belum berpotensi menimbulkan kerusakan dan hingga saat ini belum ada laporan terjadinya kerusakan. 
 
 
Gempabumi ini terjadi aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia. 
 
 
"Gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi menengah di Zona Benioff, yaitu lajur lempeng tektonik yang sudah mulai menukik," jelasnya.
 
 
Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG imbuhnya, menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. 
 
"Kepada warga di pesisir selatan Bali dan Lombok dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pinta dia.(BB/Rls)