Ayu Pastika Ajak Para Siswa Jadikan Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun

  10 Oktober 2016 TOKOH Klungkung

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Perilaku mencuci tangan memakai sabun terlihat  sangat sederhana namun sebenarnya memiliki manfaat yang luar biasa. Dengan mencuci tangan menggunakan sabun akan sangat efektif membunuh kotoran dan kuman penyakit yang beresiko bagi terjadinya penularan penyakit Diare, Infeksi Saluaran Pernafasan Akut (ISPA), Flu Burung dan penyakit infeksi lainnya. Gerakan cuci tangan diharapkan menjadi sebuah kebiasaan dan membudaya dalam kehidupan sehari hari sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ayu Pastika dalam acara Hari Perayaan Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Tingkat Provinsi Bali yang dilaksanakan di SD 1 Semarapura Tengah, Klungkung Senin (10/10). “Dengan mencuci tangan menggunakan sabun akan membantu proses pelepasan kotoran dan kuman yang menempel di permukaan luar kulit tangan dan kuku,  dengan demikian hal ini sangat membantu mengurangi resiko terinfeksi,” ujarnya. Ayu Pastika juga mengingatkan para siswa agar gerakan ini dilakukan khususnya pada saat akan makan.

Ia juga mengingatkan agar mencuci tangan dilakukan di air yang mengalir agar kotoran yang menempel bisa langsung hanyut terbawa air. Ia berharap kebiasaan cuci tangan ini harus dimulai sejak dini, dan menjadi tugas dari para guru dan orang tua untuk selalu mengingatkan para siswa melakukan kebiasaan ini. Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang berharap agar gerakan yang dilakukan dari sekolah ini dapat disebarluaskan para siswa kepada anggota keluarga masing masing dan dilakukan juga di lingkungan rumah serta tempat lainnya.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta ini juga diisi dengan praktek mencuci tangan dengan sabun secara perorangan dan juga berkelompok oleh para siswa. Pada kegiatan ini juga  sempat dilakukan pengambilan gambar guna diikut sertakan dalam lomba foto gerakan cuci tangan pakai sabun yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK pusat.

Acara yang melibatkan sekitar 100 siswa sekolah dasar ini juga diisi dengan kampanye gerakan cuci tangan pakai sabun yang terdiri dari sepuluh tahapan yaitu membasuhkan tangan, mengambil sabun, menggosok sela sela jari, menggosok ujung kuku, menggosok jempol kanan, menggosok jempol kiri, menggosok ujung jari, meremas remas jari seperti gaya kunci, lalu membasuh tangan dan yang terkahir adalah menggunakan tisu untuk mengelap tangan.(BB)