ASN Jembrana Adu Keahlian Makekawin

  25 November 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : Salah satu peserta Lomba Mekekawin

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Memperingati HUT KORPRI dan PGRI Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Jembrana menyelenggarakan Lomba Makekawin sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya Bali yang dilaksanakan di Wantilan Pura Jagatnatha, Sabtu (25/11).

Selain sebagai pelestarian budaya Bali, lomba makekawin yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) juga untuk menjaring ASN yang memiliki bakat dalam makekawin. Pasalnya, tidak semua orang mampu makekawin, diperlukan talenta khusus yang mampu menguasai guru lagu dan melafalkan bait-bait kekawin dengan benar.

Setiap peserta terdiri dari dua orang, dimana satu orang berperan sebagai penyanyi dan satu lagi sebagai penerjemah. Total ada 5 tim peserta yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah di kabupaten Jembrana.

Ketua Widya Sabha kabupaten Jembrana, I Wayan Sumadia, yang bertindak sebagai juri Lomba Makekawin mengatakan para peserta harus membawakan satu wirama wajib dan satu wirama pilihan.

"Setiap peserta membawakan 1 wirama wajib Mandamalon dan 1 wirama pilihan. Peserta bisa memilih untuk membawakan wirama Swandewi, Rai Tiga, Prawira Lalita, atau Widara Gumulung," ucapnya.

Wayan Sumadia menjelaskan antara penyanyi dan penerjemah memiliki kriteria penilaian yang berbeda. Secara umum, penilaian mencakup penampila., vokal dan penjiwaan.

"Untuk pembaca yang dinilai yaitu penampilan, suara (vokal), guru lagu, tikas/onek-onekan (membaca tepat dengan abjad), penjiwaan/ekspresi. Sedangkan peneges/penerjemah yang dinilai adalah penampilan, suara (vokal), penggunaan bahasa Bali, lelengutan/ketepatan arti, penjiwaan/ekspresi," jelasnya.

Diakhir penilaian, telah ditetapkan tiga pemenang yang diraih oleh Satuan Polisi Pamong Praja untuk juara I, Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana memperoleh juara II, dan juara III diraih Dinas Lingkungan Hidup Kab. Jembrana. (Rls/BB)