Akhirnya, Pengurus PWI Jembrana Dilantik, Dwikora Ingatkan Jaga Independensi

  15 Juli 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : Pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Setelah dilaksanakan Konferensi Kabupaten (Konferkab) pada hari Sabtu 15 April 2023 beberapa bulan lalu, kini 10 orang Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jembrana masa bakti 2023-2026 dilantik langsung oleh Ketua PWI Bali, I GMB Dwikora Putra yang dihadiri oleh Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna.

Kesepuluh pengurus PWI Jembrana yang dilantik diantaranya, sebagai Ketua Ida Bagus Siwantara sebagai Ketua, Putu Agus Mahendra sebagai Sekretaris, dan Putu Witari sebagai Bendara, serta I Putu Aryana AB sebagai penasehat. Sementara Seksi Organisasi dipegang oleh R. Pramono (Fajar Bali).

Untuk seksi advokasi dan pembelajaran wartawan dipegang oleh IB Putu Surya Darma (Ball Post), Seksi Pendidikan dan Budaya Dewa Manu Priodhana (Pos Ball), Seksi Hukum dan Politik IB Gede Diwangkara (Nusa Bali), Seksi Ekonomi, Pariwisata dan Kesejahteraan I Gede Riantori Warmadewa (Ball Express) dan Seksi Olah Raga I Ketut Subiksa (Persindonesia).

Wabup dalam kesempatan itu mengakui peran serta pers dalam pembangunan khususnya di Kabupaten Jembrana sangatlah penting bagi pemerintah dan juga masyarakat. "Pers adalah pilar keempat demokrasi yang berpengaruh besar terhadap kemajuan pembangunan," katanya. Sabtu (15/7/2023).

Lebih lanjut, Wabup Ipat menyebut PWI sebagai organisasi yang independen dan profesional, dipandang perlu kepengurusan yang dipimpin oleh sosok yang punya motivasi tinggi sebagai mitra pembangunan Pemkab Jembrana.

Ia juga berharap, dengan terpilihnya pengurus PWI yang baru, semakin meningkatkan kualitas dan kredibilitas organisasi ini, baik dari segi keakuratan berita dan informasi yang disajikan maupun dari segi peningkatan mutu sumber daya manusianya, agar organisasi PWI memiliki wartawan-wartawan yang cerdas, profesional, dan bertanggung jawab.

"Jagalah profesionalitas dengan tetap berpedoman pada visi dan misi organisasi dan kode etik jurnalistik. Tidak memanfaatkan PWI untuk kepentingan pribadi atau kelompok serta jaga kekompakan antara sesama anggota, demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan dan PWI Kabupaten Jembrana," pesan Wabup.

Hal senada juga disampaikan, Ketua PWI Bali, I GMB Dwikora Putra dimana setiap anggota PWI harus memiliki integritas dan kredibilitas serta profesional dalam mengembangkan kemerdekaan pers yang bertanggung jawab.

"Jurnalis dan media juga harus tetap menjaga independensinya karena itu modal penting bagi media untuk mendapatkan kepercayaan publik, selain merupakan tuntutan Kode Etik Jurnalistik," jelasnya.

Dwikora juga mengajak, agar seluruh wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI untuk saling menegur dan mengingatkan. Apabila ada anggota yang tidak menjalankan tugasnya tak sesuai PDRT dan kode etik.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Sekda I Made Budiasa, Anggota DPRD Jembrana, Ketua TP PKK Jembrana Ny. Candrawati Tamba, unsur TNI/Polri, para Kepala OPD, Camat, dan Anggota IJTI serta organisasi vertikal di Kabupaten Jembrana. (BB)