Acara Keagamaan di Jembrana Berujung Tragedi, 52 Orang Keracunan Makanan

  30 Oktober 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: salah satu korban keracunan makanan yang dirawat di Puskesmas

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Saat menghadiri acara keagamaan, sebanyak 52 orang warga Warga Desa Desa Tegal Badeng Barat, Kecamatan Negara, Jembrana mengalami keracunan makanan. pada hari Minggu (29/10/2023) malam.

Sejak pagi warga terus berdatangan ke ke UPTD Puskesmas II Negara di Pengambengan, Negara. Dari sejumlah pasien yang dirawat, beberapa pasien mengaku kondisinya sudah mulai membaik.

Dari 52 orang tersebut ada 2 orang yang rawat inap, yaitu RJS (14) dan AA (1,5 ) asal Banjar Teluk Limo Desa Tegal Badeng Barat, Kecamatan Negara.

Luh Sri Wardani, salah seorang warga Br Anyar, Desa Tegal Badeng Barat mengatakan Minggu malam dia menghadiri acara keagamaan di Tegal Badeng Barat. Dia mendapatkan nasi kotak dan dimakan. Kemudian pagi harinya perutnya sakit dan berobat ke Puskesmas.

"Tidak tahu apa yang menyebabkan keracunan. Karena menu makanan ada nasi kotak, lalapan, sate gule. Kalau saya makan nasi kotak," jelasnya. Senin (30/10/2023).

Saat dikonfirmasi, Kepala UPTD Puskesmas II Negara, dr Ni Made Anggaraeni didampingi Sub Koordinator Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Jembrana I Kade Sugita, Senin sore mengatakan ada 52 orang warga yang mengalami gejala keracunan. Dengan gejala sakit perut, diare, mual, muntah dan pusing.

“Kami sudah melakukan pengecekan ke lapangan dengan surveilans dan melakukan pengecekan. kami belum mengetahui sumbernya dari makanan apa karena semua makanan sudah habis,” jelasnya.

Pihaknya menduga keracunan diakibatkan bakteri. Lantaran makanan sudah habis, pihaknya tidak mendapatkan sample untuk diuji. Hanya dari informasi telur yang masih ada, nanti sample telur kami lakukan uji lab," ungkapnya. (BB)