90 Cruise Rencana ke Bali, 28 Cruise "Cancel" Sandar di Pelabuhan Benoa Efek Covid-19?

  15 Mei 2020 EKONOMI Denpasar

Dok. Suasana Cruise saat bersandar di Pelabuhan Benoa Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Saat ini hampir seluruh aktivitas terganggu akibat pandemi virus Corona atau Covid-19. Namun, pelayanan dan operasional Pelindo III Pelabuhan Benoa Denpasar tetap berjalan.

CEO Pelindo III Wayan Eka Saputra mengatakan pelayanan dan operasional tetap berjalan sesuai perencanaan yakni 7 hari selama 24 jam penuh. 

"Terutama melayani kapal-kapal logistik karena tidak boleh terlambat, tidak boleh terhambat, sehingga pelayanan harus jalan terus," kata Eka Saputra disela acara penyerahan bantuan Satgas BUMN Antisipasi Covid-19 PLN Bali di Denpasar, Jumat (15/05/2020).

Ia mengakui bahwa ditengah pandemi Covid-19 sampai saat ini sudah ada 28 cruise yang batal sandar di Dermaga Internasional Pelabuhan Benoa, Denpasar.

"Tahun ini rencananya akan berlabuh 90 cruise, namun karena akibat covid-19 banyak yang cancel (batal)," jelas Eka Saputra.

Sebelum pemerintah menetapkan pandemi Covid-19 sebagai bencana bukan alam, ada 23 cruise yang sandar di Pelabuhan Benoa pada pertengahan Februari lalu. Namun menjelang akhir Februari banyak cruise yang membatalkan kedatangannya ke Bali.

"Tentu di saat fix seasion ada cruise yang cancel sandar cukup berpengaruh mengurangi pendapatan Pelindo III Benoa. Namun kami belum menghitung kerugiannya," ungkap Eka Saputra. 

Eka Saputra yang juga Koordinator Satgas BUMN Antisipsi Covid-19 Provinsi Bali ini berharap situasi saat ini akan segera berakhir, dan seluruh aktivitas masyarakat bisa normal kembali.

"Kita juga berharap pariwisata akan segera bangkit, dan perekonomian kembali berdenyut," tutupnya.(BB).