Ayu Pastika Bantu Sembako untuk Lansia Desa Anturan

baliberkarya

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny.Ayu Pastika menyerahkan bantuan  berupa paket beras bagi para orang tua lanjut usia (lansia)  di Desa Pakraman Anturan, Kecamatan Banjar, Buleleng, Sabtu (30/4/2016). Bantuan ini disampaikan di sela sela dirinya mendampingi Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam acara kunjungan  kerja  di Kabupten Buleleng, 30 April sampai 1 Mei 2016.

Ayu Pastika menjelaskan bahwa bantuan yang disampaikan merupakan bantuan pribadi Gubernur Pastika, sebagai bentuk kepedulian kepada keluarga kurang mampu terutama para lansia  yang sudah mengalami keterbatasan dalam mencari nafkah.” Ya semoga bantuan yang kami salurkan dapat meringankan sedikit beban hidup mereka,” ujarnya seraya berdialog dengan para lansia.

Ayu Pastika yang pada kesempatan itu  didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat  dan Pembangunan Desa (BPMPD) Provinis Bali , Ketut Lihadnyana, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bali, Ketut Rochineng serta pengurus TP PKK, juga berkesempatan mensosialisasikan beberapa program unggulan Bali Mandara seperti Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM), Sistem pertanian terintegrasi , Gerakan Pembangunan Desa Terpadu (Gerbangsadu) dan bedah rumah.

Ia berharap dengan pemahaman terhadap program Bali Mandara masyarakat  dapat memanfaatkan program yang  telah diluncurkan  oleh Pemprov Bali secara optimal dan berujung pada peningkatan  kesejahteraan serta kualitas hidupnya.  Kepada para lansia Ayu Pastika berpesan agar selalu berpikir  positif dan menjaga kesehatan agar bisa tetap menikmati hari tua dengan bahagia.

Sementara itu Kepala Desa Pakraman Anturan, Made Budi Adnyana menyampaikan apresiasi atas bantuan yang disalurkan bagi masyarakatnya. Ia juga memaparkan Desa Anturan yang memiliki luas 247 ha, ditempati oleh 100 kk dengan jumlah penduduk sebanyak 1700 jiwa.

Dari jumlah penduduk sebesar itu, terdapat 124 orang lansia yang sudah tidak produktif lagi. Untuk itu Ia sangat berharap bantuan-bantuan dari pemerintah guna membantu peningkatan perekonomian warga setempat. Seperti program Gerbangsadu melalui dana hibah yang dikelola dalam bentuk BUMDes dan Simpan Pinjam, dirasa dapat membantu masyarakat dalam memperoleh pinjaman dengan cepat dan bunga ringan.

Bantuan yang diserahkan pada kesempatan itu adalah  124 paket beras  dan juga bantuan kursi roda yang menyesuaikan sesuai jumlah yang masih dalam pendataan oleh Kepala Desa Anturan.

Selain para lansia, Gubernur Pastika juga memberikan perhatiannya kepada Ketut Sadiada asal Banjar Dinas Kaja Kauh, Desa Sudaji Sawan, Buleleng. Sadiada  yang sempat memposting kondisi dirinya yang belum mendapatkan bantuan di akun facebook  Gubernur Pastika ini menceritakan kondisinya yang mengalami cacat permanen akibat kecelakaan ditabrak sekelompok masa dari salah satu Partai Politik pada saat kampanye  di  tahun 1999. Ia mengharapkan bantuan dari pemerintah berupa bantuan pengobatan dan juga bedah rumah mengigat meski rumah yang ditempatinya sekarang cukup besar namun  didalamnya didiami 7 KK.  

Gubernur Pastika yang mengutus Tim Biro Humas Setda Provinsi Bali ini memberikan bantuan sementara  bagi Sadiada berupa beras dan uang tunai yang diserahkan langsung oleh Kepala Bagian Publikasi Biro Humas Setda Provinsi Bali  Made Ady Mastika. Mengenai bantuan bedah rumah yang diharapkan Sadiada, Ady Mastika berjanji akan mengkordinasikannya lebih lanjut dengan SKPD terkait. (bb)


TAGS :

Komentar