100 Seniman Gianyar Turut Meriahkan Festival Kesenian Yogyakarta 2016

  23 Agustus 2016 HIBURAN Gianyar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Setelah tampil pada tahun sebelumnya, Kabupaten Gianyar kembali berpartisipasi dalam  Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) Tahun 2016. Kegiatan ini merupakan acara budaya tahunan yang digelar Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yokyakarta, dimana tahun ini merupakan pelaksanaan ke -28 kalinya dengan tema "Masa Depan, Hari Ini Dulu". 

Festival diawali dengan Pawai Jalanan FKY 28 di 0 KM Yogyakarta, Selasa (23/8/2016). Pawai sendiri dimeriahkan sekitar 38 kontingen yang terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota di DIY, kelompok seni, komunitas kreatif, pusat latihan tari, sanggar seni, institusi pendidikan serta utusan daerah lain termasuk Kabupaten Gianyar.

Selain turut serta dalam Pawai Jalanan FKY 28, Kabupaten Gianyar juga turut ambil bagian dalam pagelaran seni yang akan berlangsung besok, Rabu, (24/8) di Taman Kuliner Condongcatur. Sebanyak 100 orang penari akan dilibatkan dalam pagelaran yang berjudul "Roro Jonggrang".

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar, Gusti Ngurah Wijana mengatakan, pada Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) tahun ini, Kabupaten Gianyar diwakili oleh Desa Sukawati. Dimana sebanyak 100 orang personil dilibatkan dari berbagai komunitas seni yang ada di Desa Sukawati. Proses persiapan sendiri dilakukan selama 1 bulan penuh.

"Karena merupakan utusan kesenian, jadi kita harus tampilkan yang terbaik sekaligus ajang promosi pariwisata budaya di Kabupaten Gianyar," terang Ngurah Wijana.

Bupati Gianyar, A A Gde Agung Bharata yang hadir menyakasikan jalannya kehiatan mengatan, keikutsertaan Kabupaten Gianyar dalam Festival Kesenian Yogyakarta merupakan kerjasama dibidang seni budaya. Hal ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun, dengan mengirimkan utusan kesenian dari Kabupaten Gianyar. Hal serupapun dilakukan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta yang selalu mengirimkan duta keseniannya pada saat periangatan HUT Kota Gianyar tiap tahunnya.

"Kerjasama di bidang seni memang kita jalin dengan Yogyakarta. Hal ini juga sebagai ajang promosi kesenian yang ada di Gianyar sehingga semakin dikenal," terang Agung Bharata. (BB)