Warga Secara Swadaya Bangun Jembatan Darurat di Desa Blingbingsari

  08 November 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Jembatan darurat penghubung Banjar Ambyarsari dan Banjar Blimbingsari

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Putusnya jembatan utama yang menghubungkan Banjar Ambyarsari dan Banjar Blimbingsari, Kecamatan Melaya, Jembrana yang diakibatkan oleh banjir bandang dan longsor, warga secara spontan dan swadaya membangun jembatan darurat agar warga bisa berkativitas kembali dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Jembatan darurat sepanjang 15 meter dan lebar 2 meter dikerjakan mulai tanggal 31 Oktober 2022 menggunakan 5 pohon kelapa sebagai bahan utama/dasar jembatan. Kemudian lantai jembatan menggunakan papan dengan tebal 3 cm, lebar 20 cm dan panjang 2 M. Jembatan tersebut selesai dikerjakan pada hari Jumat (4/11/2022) dan sudah mulai dapat digunakan pada hari Sabtu (5/11/2022). Warga membutuhkan waktu hanya 6 hari untuk membangun jembatan darurat.

Sementara jembatan utama yang putus akibat akibat banjir bandang dan longsor diberikan bentangan bambu sebagai pengaman dan agar warga tidak melintas serta dipasang lampu penerangan jalan untuk dimalam hari. Setelah selesai dibangun, jembatan tersebut diuji kelayakannya oleh Bhabinkamtibmas dan Kepala Kewilayahan Banjar Ambyarsari serta beberapa warga.

Kepala Kewilayahan Banjar Ambyarsari Desa Blimbingsari I Ketut Triagus Adi Wijaya saat dikonfirmasi awak media mengatakan, untuk sementara waktu, jembatan darurat tersebut bisa digunakan kurang lebih 1 tahun. “Jembatan ini bisa digunakan selama 1 tahun. Kita juga rutin melakukan perawatan dengan menyemprotkan obat anti rayap terutama pada ujung jembatan yang bersentuhan langsung dengan tanah,” ujarnya. Selasa (8/11/2022).

Perbekel Blimbingsari I Made John Roni sangat apresiasi terhadap solidaritas warga telah membangun jembatan darurat sehingga warga bisa melakukan aktivitasnya kembali. “Itu dikerjakan swadaya. Akan digunakan sampai ada perbaikan jembatan utama. Semoga segera diperbaiki karena sudah dilihat dan diukur oleh PU Selain jembatan yang menghubungkab Banjar Ambyarsari dan Blimbingsari, jembatan yang menghubungkan Banjar Ambyarsari dan Desa Melaya juga hampir putus. Semoga nanti juga ada penanganan," ucapnya. (BB)