Survey Litbang Kompas Tunjukkan Demokrat Paling Disukai Publik, Mudarta Sebut Bukti Rakyat Rindu Kepemimpinan Demokrat

  23 Mei 2023 POLITIK Denpasar

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bali, Made Mudarta

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Berdasarkan hasil survey terakhir Litbang Kompas menunjukkan Partai Demokrat menjadi partai politik dengan tingkat kesukaan publik tertinggi yakni 56,5 persen. Kesukaan publik terhadap Partai Demokrat pada survei ini meningkat dibandingkan dengan penelitian yang dilakukan pada bulan Januari 2023.

"Hasil survey itu mempertegas bahwa rakyat Indonesia kangen, rindu dengan kepemimpinan Partai Demokrat seperti era pemerintahan bapak SBY," ucap Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bali, Made Mudarta di Denpasar, Selasa (23/5/2023).

Terkait survey ini, Mudarta menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas pilihannya terhadap Partai Demokrat yang trendnya terus meningkat. Politisi senior asal "Gumi Jegog" Jembrana menyebut pencapaian positif Partai Demokrat ini berkat konsolidasi dan kerja-kerja politik seluruh kader Demokrat di seluruh Indonesia termasuk di Bali. 

Menurut Mudarta, di era pemerintahan SBY selama 10 tahun memimpin Indonesia dari 2004 - 2014, rakyat merasakan dampak langsung dari kebijakan pembangunan kader utama Partai Demokrat itu. 

"Hampir 10 tahun Demokrat ada di oposisi, Demokrat menjalankan perannya sebagai oposisi, kritis terhadap pemerintah, memberikan masukan manakala ada program kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat, tentu kalau ada program yang pro rakyat tentu Demokrat akan terdepan memberikan dukungan. Itulah check and balance yang diharapkan rakyat Indonesia sebagai pertanda demokrasi itu tumbuh subur di Indonesia," tegas Mudarta.

Lebih jauh Mudarta menyebut negara yang check and balance-nya tidak berjalan maka disitu negara akan menemui banyak permasalahan, korupsi merajalela, kemiskinan meningkat dan gesekan sosial akan semakin tinggi. Ia mengakui Partai Demokrat telah banyak melakukan aksi-aksi sosial yang langsung menyentuh apa yang dibutuhkan masyarakat. 

Ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Demokrat bersama seluruh kadernya bergerak tanpa henti melakukan segala daya upayanya membantu pemerintah didalam penanganan pandemi. Dengan motto perbaikan dan perubahan, Mudarta menyebut Partai Demokrat akan terus berjuang bersama rakyat untuk mewujudkan Indonesia lebih baik.

"Sekali lagi terima kasih kepada rakyat Indonesia. Kami bersyukur hanya trend Demokrat yang terus naik," ungkap Mudarta.

Seperti diketahui, hasil survei Litbang Kompas bulan Mei 2023 memperlihatkan, Demokrat menjadi partai politik (parpol) dengan tingkat kesukaan publik yang tertinggi, yakni sebesar 56,5 persen. Kesukaan publik terhadap Partai Demokrat pada survei ini meningkat dibandingkan dengan penelitian yang dilakukan pada bulan Januari 2023.

Di awal tahun ini, Partai Demokrat memperoleh angka 55,9 persen dalam konteks kesukaan publik. Angka yang diperoleh Partai berlogo mercy biru ini masih berada di atas Partai Golkar dengan angka 51,4. Tingkat kesukaan publik terhadap partai beringin menurun dibandingkan dengan perolehan pada bulan Januari 2023, yang berada di angka 54,7 persen. Posisi kesukaan publik terhadap Partai Golkar ini disusul partai Gerindra yang berada di angka 50,1 persen pada bulan Mei. 

Angka ini pun menurun dibandingkan bulan Januari yang berada di angka 51,4 persen. Survei Litbang Kompas ini dilakukan secara tatap muka pada 29 April-10 Mei 2023. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 30 provinsi Indonesia. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen, dengan margin of error lebih kurang 2,83 persen.(BB).