Sukseskan G20, Polres Jembrana Gelar Operasi Puri Agung 2022

  07 November 2022 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Untuk mensukseskan perhelatan dunia KTT G20 yang akan digelar di Nusa Dua Bali pada tanggal 15 sampai 16 Noverver 2022. Polres Jembrana adakan apel gelar pasukan Operasi Puri Agung 2022 bertempat di depan Kantor Bupati Jembrana Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembran, Jembrana

Apel tersebut dihadiri oleh Bupati Jembrana yang diwakili oleh Wakil Bupati Jembran serta Forkopimda Kabupaten Jembrana dipimpin oleh Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana. yang juga selaku Kasubsubsatgas Pam Wil Gilimanuk.

Diketahui apel gelar pasukan ini dilaksanakan serentak di Polda Bali, Polda Jatim dan Polda NTB sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan pengamanan baik pada aspek personil maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah, BPBD, dan mitra kamtibmas lainnya.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan, kegiatan Presidensial G20 Indonesia memberi harapan ditengan pandemi Covid-19 dan perang Rusia Ukraina menyebabkan seluruh negara dalam keadaan sulit. Melalui tema "Recover Together Recover Stronger" diharapkan Presidensi G20 ini dapat memberikan solusi perdamaian dan pemulihan dunia yang lebih inklusif.

"Tugas pengamanan KTT G20 ini merupakan tugas mulia yang akan memberikan manfaat bagi seluruh dunia. Bapak Presiden Republik Indonesia Insinyur Joko Widodo telah menyampaikan bahwa kita harus betul-betul menjaga kehormatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada Indonesia. Tidak boleh ada letupan sekecil apapun, keberhasilan Presidensi G20 Indonesia akan meningkatkan kredibilitas Indonesia di mata dunia," ujarnya.

Dipuncak acara G20 pada tangga; 15 sampai 16 November 2022, lanjut Dewa Gde, Polri menyelenggarakan Operasi Kepolisian terbesar Puri Agung 2022 mulai tanggal 8 s/d 17 November 2022 di 3 wilayah hukum yaitu Polda Bali, Polda Jatim, dan Polda NTB. Operasi Kepolisian ini akan menjadi etalase Polri di mata internasional dengan melibatkan 9.700 personil dan 3.669 pasukan cadangan di Mako Brimob dan 11 Sat Brimobda dengan dukungan kemampuan khusus dan teknologi modern yang terintegrasi melalui Command Center.

"Kunci keberhasilan pengamanan ini adalah soliditas dan keterpaduan antara unsur-unsur terkait yaitu Paspampres TNI komunikasi dengan panitia nasional penyelenggara Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 harus diperkuat sehingga seluruh kegiatan dapat terdukung pengamanan yang baik. Kita harus prediktif dan responsif terhadap situasi kontingensi yang mungkin terjadi mulai dari gangguan terhadap rangkaian delegasi atau ancaman terorisme sampai dengan bencana alam yang mungkin terjadi di luar kendali kita,” terangnya.

Kita harus mempersiapkan manajemen resiko dan responsif ketika ancaman tersebut datang. Pastikan dukungan operasi dapat berjalan optimal dalam situasi kontingensi termasuk juga keamanan rute escape dan save house yang dapat berubah sesuai dengan situasi di lapangan. "Mari kita tunjukkan kepada dunia sosok Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat yang presisi sehingga dapat mewujudkan Polri yang dekat, dipercaya, dan dicintai masyarakat," ucap Kapolres.

Pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat tunjukkan bahwa Indonesia adalah tuan rumah yang ramah dan sopan sehingga meninggalkan kesan yang baik bagi seluruh delegasi. "Saya mengucapkan terima kasih dan selamat bertugas kepada seluruh personil yang terlibat, semoga semua upaya kita memperoleh hasil yang optimal dan KTT G20 dapat menjadi momentum untuk menunjukkan kemajuan bangsa dan negara Indonesia di mata dunia," pungkasnya. (BB)