Lulusan Wisuda ke-49 SMK Pandawa Bali Global Siap Kerja, IB Dharmadiaksa: Sukses Harus jadi Manusia Diatas Rata-rata

  10 Mei 2023 PENDIDIKAN Denpasar

SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, Badung menggelar wisuda ke-49 di Hotel Vasini Tohpati Denpasar, Rabu (9/5/2023).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, Badung menggelar wisuda ke-49 dengan mengambil tema "Cakap dalam Kompetensi, Siap Berkompetisi, Meraih Mimpi" yang diikuti tiga kelas dengan kompetensi keahlian tata boga, akomodasi perhotelan, dan akuntansi keuangan dan lembaga yang ditetapkan lulus 100% dalam sidang pleno kelulusan pada 3 Mei 2023 lalu. 

Wisuda kali ini dihadiri Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti yang menaungi SMK Pandawa Bali Global IB Dharmadiaksa, Perwakilan ITB STIKOM Bali serta dari dinas terkait. Kelulusan ini tentu saja disambut dengan suka cita dan penuh rasa syukur melalui sembahyang bersama di Pura Ulun Danu Batur Kintamani dan Pura Besakih. 

"Sembahyang bersama yang kami lakukan bertepatan dengan pengumuman kelulusan SMK secara serempak adalah bagian dari penguatan pilar pendidikan karakter yang kami tanamkan kepada seluruh peserta didik sebagai manifestasi motto SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, yakni "Unggul, Kompetitif dan Berkarakter"," kata Kepala SMK Pandawa Bali Global Hery Nugroho, SPd. MPd. dalam acara wisuda di Hotel Vasini Tohpati Denpasar, Rabu (9/5/2023).

Menurut Hery Nugroho, motto ini perlahan tapi pasti mulai ditapaki sebagai panduan dalam menyusuri jalan panjang menuju kemajuan SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, Badung. Hal ini dimulai dengan diraihnya tiga medali emas dari cabang olahraga judo dalam Porjar Kabupaten Badung dan akan mewakili Kabupaten Badung dalam Porjar Provinsi Bali, dan diluncurkannya SMK Pandawa Bali Global Abiansemal sebagai SMK Siap Kerja oleh Disprinaker Kabupaten Badung pada 29 September 2022 lalu.

"Dua siswa kami saat ini sedang melaksanakan praktik kerja industri di Rus Animation SMK Raden Umar Said Kudus di bawah binaan Djarum Foundation selama 6 bulan," ungkapnya. 

Sementara tiga peserta didik kelas XII yang sudah diwisuda telah menentukan masa depannya dengan mendaftar sebagai mahasiswa baru di perguruan tinggi IT terbaik di Bali Nusra yakni ITB STIKOM Bali Direktorat Kampus Abiansemal, sebuah pilihan yang sangat membanggakan bagi keluarga besar SMK Pandawa Bali Global Abiansemal. 

"Kepada siswa yang telah tamat semoga sukses mengejar mimpi-mimpinya dan jangan pernah takut bermimpi karena dari mimpi kita terbangun dan sadar bahwa esok pagi jalan hidup akan kembali kita tapaki," pesannya. 

Lebih jauh Hery menjelaskan SMK Pandawa Bali Global Abiansemal semakin bertumbuh dan berkembang ditandai dengan capaian PPDB di tahun 2022 yang berhasil menduduki urutan pertama jumlah peserta didik baru terbanyak untuk SMK swasta Kecamatan Abiansemal dan urutan ke-9 SMK swasta di Kab. Badung. Sedangkan PPDB tahun 2023 sampai 9 Mei 2023 sejumlah 147 calon peserta didik baru sudah mendaftar di SMK Pandawa Bali Global Abiansemal.

Dalam kesempatan ini, Ketua Yayasan Widya Dharma Santi IB Dharmadiaksa yang mewakili Pembina Prof. Dr. I Made Bandem mengingatkan kalau ingin sukses jangan jadi manusia rata-rata tapi harus di atas rata rata, di atas kemampuan yang lain. Ia berharap SMK Pandawa Bali Global terus berinovasi, bisa tambah jurusan seperti otomotif, apalagi sekarang ini lagi dikembangkan kendaraan listrik. 

"Sangat penting untuk meningkatkan semangat berinovasi. Agar eksis harus di atas kemampuan. Kalau ingin banyak uang jangan digaji orang, tapi bagaimana bisa gaji orang sehingga penghasilan bisa lebih banyak. Di zaman sekarang ini bukan yang besar menang, tapi yang cepatlah jadi pemenang," pungkas Dharmadiaksa.(BB).