Liburan Nataru, Wisdom ke Bali Lewat Gilimanuk Meningkat dari Tahun Sebelumnya

  25 Desember 2022 PERISTIWA Nasional

Ket poto : Petugas gabungan sedang memeriksa salah satu kendaraan yang akan liburan ke Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Menjelang tahun baru kali ini jumlah kendaraan yang masuk ke Pulau Bali masyarakat untuk berlibur tahun baru dari Pelabuhan Ketapang mencapai kenaikan yang signifikan dari pada tahun sebelumnya. Pihak ASDP Gilimanuk menambah armada kapal menjadi 35 unit yang bisasanya sebanyak 28 unit.

Data yang diperoleh, untuk pejalan kaki mengalami peningkatan sebanyak 167 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya, kendaraan pribadi mengalami peningkatan sebanyak 119 persen, sedangkan kendaraan bus juga mengalami peningkatan sebanyak 136 persen. Untuk truk logistik untuk tahun ini hanya 24 persen turun dari tahun sebelumnya.

Manajer Usaha ASDP Gilimanuk Djumadi saat dikonfirmasi awak media mengatakan, untuk mengantisipasi kelonjakan, pihaknya sudah menyediakan kapal sebanyak 35 unit yang biasanya beroprasi hanya 28 unit. “Hingga saat ini dalam 24 jam dioprasikan 28 kapal setiap dermaga 4 grouping, untuk bongkar muat selama 45 menit untuk berlayar selama 48 menit,” terangnya. Minggu (25/12/2022)

Terkait pelayanan yang disediakan pihak ASDP, untuk pejalan kaki digunakan mesin pending, untuk roda 2 yang sehariannya 2 loket sekarang ditambah 4 loket menjadi 6 loket, sementara untuk kendaraan roda empat yang kesehariannya 4 lokat sekarang ditambah 2 loket portable.

“Prediksi pada tanggal 1 sampai 3 Januari 2023 puncak dari arus balik, kita siapkan kapal sebanyak 35 unit yang hari biasanya sebanyak 28 unit,” tutupnya. (BB)