Bupati Bangli Buka Bimbingan Teknis Inovasi Daerah 2023

  07 Juni 2023 TOKOH Bangli

Ket poto: Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Bangli. Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, membuka acara Bimbingan Teknis Inovasi Daerah Kabupaten Bangli Tahun 2023 di Gedung BMB Kantor Bupati Bangli. Acara Bimbingan Teknis Inovasi Daerah Kabupaten Bangli ini dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, Para Camat, Direktur BUMD, Ketua Forkom Perbekel, Forkapus, MKKS SMP, dan K3S SD Kabupaten Bangli.

Dalam laporannya, Plt. Kepala BRIDA Kabupaten Bangli, I Nengah Wikrama, S.Pd., M.Pd., menyampaikan tujuan dari Bimbingan Teknis Inovasi Daerah adalah untuk memotivasi, meningkatkan pengetahuan, pemahaman, serta menemukan ide dan gagasan perangkat daerah/unit, BUMD, Desa, Puskesmas, dan Sekolah dalam meningkatkan inovasi dalam melaksanakan kewenangan mereka.

“Acara ini juga bertujuan merintis dan membangun ekosistem serta komunitas inovasi daerah yang progresif dan massif, sehingga tercipta budaya inovasi dalam pembangunan daerah menuju kemajuan daerah,” ujarnya. Rabu, (7/6/2023).

Menurutnya, hal ini sejalan dengan misi Pemerintah Kabupaten Bangli, yaitu mengembangkan sistem tata kelola Pemerintahan Daerah berbasis TIK yang efektif, efisien, terbuka, transparan, akuntabel, dan bersih, serta meningkatkan pelayanan publik terpadu yang cepat, pasti, dan murah. “Selain itu, tujuan acara ini juga mencakup peningkatan mindset inovasi untuk mendorong kinerja dan daya saing daerah, serta meningkatkan indeks inovasi daerah,” ucapnya,

Acara Bimbingan Teknis diikuti oleh 55 peserta dari berbagai unsur, seperti Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab. Bangli, BUMD, Para Camat, Ketua Forkom Perbekel, Ketua Forkapus, Ketua MKKS SMP, dan Ketua K3S. Narasumber dalam acara ini adalah Kepala BRIDA Provinsi Bali, Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bangli, serta perwakilan dari BRIDA Kabupaten Bangli.

Dalam sambutannya, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, menyampaikan bahwa Inovasi Daerah harus dilaksanakan dengan prinsip peningkatan efisiensi, yang berarti bahwa inovasi yang dilakukan harus menggunakan sumber daya seefisien mungkin.

“Inovasi daerah harus diarahkan sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas pelayanan, termasuk pelayanan yang lebih murah, lebih mudah, lebih pintar (smart), lebih baik, dan lebih cepat. Bupati berharap melalui acara Bimbingan Teknis ini, inovasi di Kabupaten Bangli semakin berkembang dan menjadi budaya yang melekat dalam masyarakat,” terangnya. (BB)