Atap SDN 2 Pohsanten Jebol, Proses Rehab Sudah Masuk Tender

  21 Februari 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Kondisi atap SDN 2 Pohsanten

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Kebanyakan atap bangunan sekolah yang ada di Kabupaten Jembrana mulai sudah kropos dan jebol. Seperti halnya Sekolah Dasar Negeri 2 Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, sekolah yang diperbaiki pada tahun 2018 dengan atap menggunakan besi baja rusak parah dan jebol bagian atapnya.

Akibatnya, para siswa belajar secara bergilir sejak berakhirnya pandemi covid-19 lalu. Menyikapi beberapa sekolah yang mengalami kerusakan serupa, Pemerintah Kabupaten Jembrana memprioritaskan perbaikan sekolah untuk tahun 2023, bahkan SDN 2 Pohsanten tersebut sudah masuk proses tender di ULP.

Saat dikonfirmasi awak media Kepala sekolah SDN 2 Pohsanten, Ni Luh Indawati saat dikonfirmasi menjelaskan, kondisi rusaknya salah satu gedung di sekolahnya terjadi pada tahun 2018 lalu. "Sekolah sudah rusak mulai pada tahun 2018, disaat pandemi covid, kerusakan terjadi lebih parah. Kami beberapa kali sempat melakukan perbaikan dengan kayu namun di bagian lainnya juga semakin parah," terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Jembrana, I Gusti Putu Anom Saputra dikonfimasi via telpon mengatakan, sekolah tersebut memang sudah masuk dalam rencana perbaikan sekolah tahun 2023. "Sudah masuk rencana perbaikan. Sekarang proses tender di ULP," terangnya. Selasa (21/2/2023).

Menurutnya, perbaikan sekolah yang ada di Jembrana merupakan program prioritas dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Jembrana. Mengingat masih ada sekolah yang sudah tidak layak pergunakan. "Tahun ini sudah pasti diperbaiki," ujarnya.

Anom mengaku, untuk rehabilitasi atau perbaikan sekolah sudah dianggarkan melalui APBD dan DAK pusat. Tahun anggaran APBD 2023 ini anggaran APBD Jembrana sebanyak Rp 14 miliar. Selain itu, DAK pusat Rp 3,2 miliar. Anggaran perbaikan sekolah untuk SDN dan SMPN. "Diantaranya terdiri dari 15 SDN dan 5 SMPN. Perbaikan sebagian besar ruang kelas dan beberapa sekolah diperbaiki pada pagar," pungkasnya. (BB)