Antisipasi Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2023, Polres Jembrana Siapkan TFG

  12 April 2023 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Untuk mengantisipasi kemacetan saat arus mudik Lebaran 2023, Polres Jembrana siapkan Tactical Floor Game (TFG). Dalam simulasi TFG tersebut dihadiri oleh Wadirlantas Polda Bali AKBP Bima Aria Viyasa yang bertempat di Wantilan Puri Jayendra Danesvara Polres Jembrana pada hari Selasa 11 April 2023

Saat dikonfirmasi Kapolres Jembrana AKBP Dewa Gde Juliana mengatakan bahwa untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, jumlah kapal yang disiapkan adalah 49 unit, dengan jumlah dermaga 7 dan loket tiket sebanyak 20 unit, untuk jalur sepanjang 3 mil dengan waktu tempuh 48 menit. “Terkait hal tersebut, kami telah menyiapkan 3 kantong parkir, yaitu di Pengragoan, Terminal Negara, dan parkir Suzuki,” jelasnya. Rabu (12/4/2023).

Untuk pengalihan arus, Polres Jembrana menyiapkan 2 pengalihan arus di Kecamatan Negara dan Kecamatan Melaya dari total jalur Gilimanuk-Denpasar, khususnya di wilayah Polres Jembrana sepanjang 71 km. Dewa Gde menjelaskan bahwa pengalihan arus ini akan menambah jarak 15 km, yaitu di Kecamatan Negara sepanjang 5,2 km dan di Kecamatan Melaya sepanjang 9,9 km.

“Untuk wilayah Negara, akan dilakukan sosialisasi sesuai dengan pengalihan arus bila sudah diaktifkan untuk himbauan-himbauan yang disiapkan di jarak 400 m, 200 m, untuk disampaikan kepada masyarakat bahwa ada pengalihan arus,” terangnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan 2 pengalihan arus untuk kendaraan kecil dan kendaraan bus agar keluar di sebelah di ABG dan persimpangan Pura Dalem Gilimanuk. Polres Jembrana juga mempersiapkan personil kontijensi sebanyak 30 personil apabila dibutuhkan kegiatan masyarakat yang membutuhkan kegiatan kontijensi.

Wadirlantas Polda Bali AKBP Bima Aria Viyasa mengapresiasi pengamanan yang akan dilaksanakan Polres Jembrana dalam menangani arus mudik 2023. Dirinya berharap dalam pengamanan mudik kali ini yang diperkirakan lebih padat, kesiapan Polres Jembrana dapat membantu mengurangi kepadatan lalu lintas. (BB)