Yuk! Manfaatkan Jamkrida Bali Mandara

  26 Agustus 2018 OPINI Denpasar

Humas Provinsi Bali

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. PT Jamkrida Bali Mandara (JBM) sebagai Perusahaan Penjaminan Kredit yang melakukan kegiatan dalam bentuk pemberian penjaminan untuk membantu akses kredit kepada Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) yang mempunyai usaha layak (feasible), namun tidak memenuhi persyaratan teknis perbankan khususnya pemenuhan agunan (belum bankable) diharapkan dapat dimanfaatkan keberadaannya dengan baik oleh masyarakat. 
 
 
Hal ini disampaikan Direktur Utama PT. Jamkrida Bali Mandara (JBM) I Ketut Widiana Karya dalam orasinya di Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) Lapangan Bajra Sandi, Renon, Denpasar pada Minggu (26/8) pagi.
 
"JBM ini didirikan dalam rangka memfasilitasi usaha mikro kecil menengah dan koperasi yang ada di Bali. Selama ini banyak kendala dihadapi oleh masyarakat dalam mencari kredit. Selain penjaminan, Jamkrida juga memiliki produk lainnya, seperti halnya penjaminan atas kredit multi guna, kredit yg berhubungan dengan penjaminan kerja," ujar Widiana Karya.
 
Ditambahkan Widiana, diusianya yang ke 7 tahun PT. Jamkrida Bali Mandara selama ini sudah menunjukkan hasil yang produktif. Per bulan Juli 2018, JBM telah melakukan penjaminan kredit, dengan plafon mencapai Rp6.9 triliun. Dengan memberikan jaminan kepada 129 ribu debitur UMKMK serta menjalin kerjasama dengan 232 lembaga keuangan. 
 
Menurut Widiana, PT Jamkrida Bali Mandara selalu menjalankan usaha susai dengan aturan yang berlaku dan yang telah ditetapkan. Menjadi Perusahaan Penjaminan yang sehat, kompetitif, terpercaya dan berkembang dalam penguatan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi menuju terciptanya struktur perekonomian Daerah Bali yang seimbang dan mantap. Sehinga JBM sukses memperoleh berbagai penghargaan salah satunya sebagai perusda terbaik se-Indonesia. Untuk itu mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas dukungan dan capaian yang diraih selama ini.
 
 
"Terimakasih kepada Gubernur Bali, kepada lembaga legislatif, kepada seluruh bupati/walikota atas dukungannya selama ini, sehingga JBM dinobatkan sebagai perusahaan daerah terbaik di seluruh indonesia," ungkapnya.
 
Capaian tersebut menandakan jika Jamkrida Bali Mandara telah dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat selama ini. Untuk itu, Widiana kembali mengajak pelaku UMKMK untuk dapat memanfaatkan keberadaan JBM secara baik. Iapun berharap agar program penjaminan ini bisa terus berkelanjutan.
 
"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk dapat memanfaatkan keberadaan Jamkrida Bali Mandara ini," imbuhnya.
 
Direktur Utama PT. Jamkrida Bali Mandara (JBM) I Ketut Widiana Karya
 
Selain keberadaan Jamkrida Bali Mandara, masalah sampah, limbah dan lingkungan juga menjadi topik orasi di PB3AS.
 
Kabid Penataan dan Perlindungan Pengolahan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali, Made Teja mengatakan selama ini semua pihak telah berupaya untuk mewujudkan Bali Clean and Green. 
 
Bali sebagai salah satu destinasi wisata terbaik dunia, menuntut pulau berjuluk Seribu Pura ini untuk bisa terbebas dari sampah khususnya plastik. Sebagian besar pariwisata Bali berada di pesisir. Sehingga banyak faktor akan mempengaruhi kebersihan pantai khususnya dimusim tertentu.
 
 
"Peran masyarakat sangat diharapkan ikut berpartisifasi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Bali saat ini berada di urutan ke 11 indek kualitas lingkungan hidup, kualitas udara di Bali masih cukup bagus. Untuk itu, mari kita sadar dan ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih," ungkap Teja.
 
Kabid Penataan dan Perlindungan Pengolahan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali Made Teja
 
Lebih lanjut, Teja mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Selain berbahaya, juga akan sulit terurai. Selain itu, Teja juga menghimbau masyarakat khususnya pelaku usaha agar tidak membuang limbah ke sungai. Hal ini demi menjaga kualitas sungai agar tetap bagus,"ucapnya
 
Sementara itu, Komang Mertadana selaku Kabid Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan Provinsi Bali dalam orasinya menyampaikan berbagai program beasiswa yang bisa dimanfaatkan bagi masyarakat miskin di Bali. Banyak beasiswa yang kita siapkan  agar bisa dimanfaatkan bagi mereka yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya. Kita (Pemprov Bali-red) juga telah mendirikan sekolah Bali Mandara. Selama ini program beasiswa miskin sudah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dengan demikian setiap warga negara indonesia dapat mengenyam pendidikannya," pungkasnya.
 
Terakhir sebagai penutup dalam PB3AS kali ini di isi oleh Putu Meiska Adinda Putri yang memohon dukungan kepada masyarakat Bali dimana dirinya saat ini tengah berjuang membawa nama Baik dalam ajang pencarian bakat The Voice Kids Sesion 3 yang tayang disalah satu stasiun televisi nasional.(BB)