Wabup Suiasa Serahkan Hadiah Lomba Desa dan Sekaa Teruna Kabupaten Badung

  29 Agustus 2016 PERISTIWA Badung

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Pemerintah Kabupaten Badung sangat menyadari bahwa tumbuh kembangnya seni dan budaya ada di desa adat. Untuk hal tersebut maka Lomba Desa Adat dan Sekaa Teruna di Kabupaten Badung merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Badung dalam mewujudkan  komitmen pemberdayaan masyarakat adat . 
 
 
Disamping mempunyai satu nilai yang sangat luar biasa diharapkan pula lomba ini mampu menjadi  salah satu media dan sarana  untuk  lebih memicu dan memacu soal pembinaan - pembinaan baik pelestarian adat , budaya dan agama.  Melalui adat ini kita membangun adat, budaya  dan agama, karena hal tersebut merupakan satu hal yang berbeda tetapi tidak bisa dipisahkan. Demikian  disampaikan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa saat Penyerahan Hadiah Lomba Desa Adat dan Lomba Sekaa Teruna Kabupaten Badung di Wantilan Pura Desa Adat Munggu Kecamatan Mengwi, Kamis (25/8/2016).
 
 
Penyerahan hadiah oleh Wakil Bupati Badung kepada Desa Adat Munggu yang keluar sebagai juara I dalam lomba Desa Adat dan Lomba Sekaa Teruna diraih oleh Eka Cita Laksana Banjar Samu Abiansemal  ini didampingi Ketua DPRD Badung Putu Parwata dan Kadis Kebudayaan Kabupaten Badung I.B. Anom Bhasma. Turut hadir pula Kepala Dishubkominfo Badung I Wyn. Weda Dharmaja, Wakil Ketua TP.PKK Kabupaten Badung Ny. Kristiani Suiasa, Camat Mengwi I.Gst.Ngr.Jaya Saputra, Muspika Kec. Mengwi dan Perbekel Munggu I  Kt. Darta.
 
 
Untuk Juara II Lomba Desa Adat Kabupaten Badung diraih oleh Desa Adat Tuban, Kec. Kuta, Juara III Desa Adat Samu, Kec. Abiansemal dan sebagai juara harapan Desa Adat Belok Kec. Petang.  Masing - masing  juara Lomba Desa Adat Kabupaten Badung tahun 2016 ini diberikan  Penghargaan dan uang sebesar Juara I  90 juta , Juara II 80 Juta , Juara III 70 juta dan juara harapan 50 juta. 
 
 
Dan untuk lomba Sekaa Teruna juara II diraih Sekaa Teruna Pertiwi Shanti banjar Tuban Griya, Desa Adat Tuban Kuta, Juara III Sekaa Terua Tunjung Mekar Banjar Sedahan, Desa Adat Munggu Mengwi dan Juara Harapan Sekaa Teruna Tunas Harapan Banjar Belok, Desa Adat Belok Petang. Para juara lomba sekaa teruna berhak atas penghargaan dan uang sebesar 30 juta untuk Juara I, 20 juta untuk juara II, 17 juta untuk juara III dan 15 juta untuk juara harapan.
 
 
Dibagian lain Suiasa juga menekankan bahwa krama adat dan sekaa teruna dapat mengimplementasikan apa yang didapatkan melalui pembinaan dari tim pembina dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan Lomba desa adat ini akan mampu mewujudkan keseimbangan, untuk itu harus selalu  berpedoman kepada Tri Hita Karana, serta selalu menggunakan awig-awig yang dijadikan dasar dalam memecahkan yang timbul baik di desa adat maupun sekaa teruna,  sehingga masyarakat mampu melaksanakan swadarmanya masing masing baik pada diri sendiri, lingkungan dan sekitarnya. Ditambahkan pula bahwa Kabupaten Badung untuk tahun 2017 akan mengevaluasi terhadap penyelenggaraan Lomba Desa Adat dan Sekaa Teruna  ini, kedepannya Pemkab Badung akan lebih banyak melakukan pembinaan  baik  bersifat teknis administratif, sosiologis, psikologis.
 
 
" Kita akan mencoba kedepannya untuk membina semua desa yang ada di Badung dan mencari desa mana yang mempunyai progres paling baik itulah yang akan mewakili Badung ke Tingkat Provinsi, hal ini diharapkan mampu meningkatkan penyebaran nilai agama,  budaya dan adat lebih cepat , sehingga kualitas dan kuantitasnya bisa semakin baik" ujarnya.(BB)