'TOSS' Kembali Dikeluhkan, Pengolahan Tidak Konsisten Sampah Dibiarkan Berserakan

  11 Desember 2018 PERISTIWA Klungkung

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Bau menyengat sangat dirasakan masyarakat yang tinggal di sekitar Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Werdhi Guna Desa Gunaksa. Hal ini disebabkan karena sampah basah yang menumpuk tidak diolah.
 
 
Hal ini pun dikeluhkan warga sekitar sejak seminggu terakhir. Bahkan warga pun sempat melaporkan hal tersebut ke kantor Perbekel Gunaksa namun masalah tak kunjung teratasi. 
 
Warga pendamping I Gede Medan Arianta terpaksa kembali harus melaporkan permasalahan bau sampah yang sampai ke rumahnya tersebut. Bau sampah paling menyengat dirasakan pada malam hari mulai pukul 20.00 wita hingga pagi hari.
 
Lalat pun semakin banyak di rumahnya sehingga sangat mengganggu. "Memang sekarang musim lalat, tapi jumlah lalatnya terlalu banyak tidak seperti rumah lainnya yang jauh dari TOSS," jelasnya saat ditemui, Selasa (11/12/2018).
 
 
 
Bila pada saat ada kunjungan ke TOSS tersebut terlihat tertata rapi, pada hari-hari biasa seperti pada Selasa pagi terlihat sampah berhamburan. Sampah yang berserakan tanpa diolah ini pun mencapai dua truk.
 
Sudah berkali-kali dikeluhkan namun sampai saat ini TOSS Gunaksa tidak dapat berbuat banyak untuk mengatasinya. Untuk itu diperlukan peran serta Pemkab Klungkung dalam mengolah sampah.
 
 
 
Keterbatasan SDM yang rela bekerja dengan upah minim ditambah peralatan olah sampah yang terbatas dan sering rusak membuat TOSS Gunaksa tidak konsisten mengerjakan seluruh sampah yang datang. (BB)