Ternyata! Begini 'Cara Simpan' Pisang Agar Awet dan Tak Cepat 'Menghitam'

  15 Agustus 2017 KESEHATAN Denpasar

Baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Pisang adalah salah satu buah tropis. Tak heran, jika kita sangat mudah menemukan buah ini sepanjang tahun, dalam berbagai jenis. Ini juga yang membuat buah pisang jadi tidak tahan dingin. 

Pisang kini menjadi komoditas internasional dengan nilai ekonomis yang cukup menjanjikan. Namun sama seperti buah lainnya, pisang cenderung mudah rusak terutama ketika cuaca sedang panas. Ketika cuaca panas, pisang akan lebih cepat matang.
 
Saat pisang matang, rasanya akan jadi semakin manis, lembut, dan harum, sekaligus jadi kecoklatan. Perubahan warna pada pisang itu bukan berarti sudah busuk. Hal itu adalah proses alami. Dan semakin pisang matang, akan semakin cokelat warnanya.
 
Hal inilah yang menyebabkan ketika sedang hendak dikirim ke luar negeri, pisang dipanen ketika masih dalam keadaan masih hijau dan disimpan dalam peti kemas yang disesuaikan suhunya hingga 15 derajat celcius agar tidak lekas masak.
 
 
Nah, jika Anda suka membeli pisang dan menjumpai bahwa pisang Anda tidak mampu bertahan lebih dari tiga hari, maka tips di bawah ini mungkin akan bisa membantu dalam menyimpan buah pisang agar tetap segar dalam waktu yang lama :
 
 
1. Pisang Harus Dipilih
 
Ketika hendak memilih pisang, usahakan jangan memilih pisang yang terlalu tua. Sebisa mungkin carilah pisang yang masih menyisakan sedikit warna hijau agar bisa disimpan lebih lama secara natural.
 
 
2. Simpan yang Baik
 
Simpan pisang di ruang yang sejuk dan terhindar dari panas matahari secara langsung. Suhu yang terlalu panas akan menyebabkan pisang lebih cepat matang dan busuk sebelum waktunya.
 
 
3. Matang Disimpan di Kulkas
 
Jika Anda sudah membeli pisang dalam keadaan matang sekali, maka Anda bisa menyimpannya dalam lemari es. Namun, jangan simpan di kulkas, terutama sebelum pisang benar-benar matang.
 
Waktu terbaik menyimpan pisang di kulkas adalah ketika pisang sudah mulai muncul bintik-bintik cokelat di kulit pisang. Hal ini menandakan, karbohidrat di dalamnya sudah berubah jadi gula.
 
Biasanya ketika dimasukkan ke dalam lemari es, kulit pisang akan lebih berwarna cokelat kehitaman namun bagian dalamnya akan tetap berwarna putih cerah. Penyimpanan dalam lemari es akan membuat pisang mampu bertahan selama 4 hari. 
 
 
Jika Anda ingin menyimpan untuk jangka waktu yang lebih lama, kupas buah pisang dan seal dalam plastik kedap udara kemudian masukkan ke dalam freezer. Pisang yang dibekukan mampu bertahan hingga berbulan-bulan.
 
Tolong ingat, Jangan simpan pisang di dalam kantong atau tempat tertutup. Hal ini hanya akan membuatnya jadi makin cepat busuk. Nah, mudah bukan cara menyimpan pisang agar tetap awet. Semoga beragam informasi menarik terkait dengan buah pisang diatas bisa membantu Anda dan kita semua. (BB/dbs).