Sekda Bangli Buka Rapat Dewan Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten Bangli

  27 Maret 2018 PERISTIWA Denpasar

Humas Bangli

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Balibewrkarya.com-Bangli. Diversifikasi pangan dan pola makan yang teratur menuju masyarakat Bangli sehat sejahtera,hal inilah yang di sampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli ( Sekda ) Ir Ida Bagus Gd Giri Putra ,MM.,ketika membuka Rapat Dewan Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten Bangli semester II tahun 2017, selasa (27/3) bertempat diruang pertemuan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab.
 
 
Dalam sambutan tertulis Bupati Bangli yang dibacakan  Sekda Giri Putra menyampaikan, mengingat ketidak seimbangannya pertumbuhan produksi dengan pertumbuhan jumlah penduduk, untuk itu,  upaya memantapkan ketahanan pangan didaerah menjadi hal yang sangat penting, oleh karena itu sekda menegaskan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tergabung dalam Dewan Ketahanan Pangan harus bersinergi sesuai peran masing masing. 
 
Lebih lanjut Sekda Giri Putra mengatakan pembangunan ketahanan pangan haruslah diikuti dengan menggerakan seluruh komponen masyarakat termasuk lembaga swadaya Masyarakat (LSM), Organisasi Profesi, Koperasi, bahkan sampai pada tingkat rumah tangga. 
 
 
"Untuk itu kemandirian pangan harus tetap memperhatikan potensi sumberdaya alam dan sosial budaya yang tidak tergantung pada beras, akan tetapi pangan harus bergizi seimbang dan aman sejak usia dini, Mengingat pola konsumsi pangan sebagian penduduk yang masih berbasis pada ubi jalar, ubi kayu dan jagung menjadi alternatif dasar utama dalam implementasi program pembangunan ketahanan pangan,” ujarnya.
 
 
Selaku penyelenggara kegiatan  Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab.Bangli. I Wayan Sukartana mengatakan Secara umum dapat disimpulkan bahwa ketahanan pangan di Kabupaten Bangli masih cukup terjaga, namun ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian seperti alih fungsi lahan, mengurangi konsumsi beras, peningkatan keanekaragaman konsumsi pangan, mengembangkan teknologi pengolahan bahan pangan lokal, alokasi penganggaran untuk dukungan manajemen dan kegiatan Dewan Ketahanan Pangan Daerah.
 
 
Lebih lanjut Kadis Sukartana mengatakan Tujuan dari rapat ini adalah untuk mengevaluasi dan menyusun kebijakan pembangunan ketahanan pangan Kabupaten Bangli, dan dapat menghasilkan yang terbaik untuk Kabupaten Bangli.  
 
"karena  hasi dari rapat ini sebagai rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten dalam rangka memantapkan ketahanan pangan di daerah.” ujarnya.
 
Hadir dalam kesempatan itu Dewan Ketahanan Pangan Provinsi Ni Wayan Suarni dan  Pimpinan OPD terkait serta unsur TNI/Polri dalam kapasitas sebagai anggota Dewan Ketahanan Pangan Daeah Kabupaten Bangli. (BB).