Pupuk Kaltim Jamin Stok Pupuk Subsidi di Bali Aman

  03 Mei 2019 EKONOMI Badung

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Jelang Ramadhan, PT Pupuk Kaltim menjamin ketersediaan pupuk subsidi di Bali. Hal ini disampaikan Staf Account Executif PT Pupuk Kaltim Wilayah Bali, Yohanes Mukri, Jumat (3/5). 
 
 
Menurut Mukri, sampai dengan 30 April 2019, stok di Bali masih sekitar 31.173 ton. Perbulan terdistribusi 2000 ton ke seluruh petani di Bali yang berjumlah 105 ribu petani dari seluruh kabupaten dan kota di Bali dengan total luas lahan lebih dari 151 ribu hektar. 
 
 
"Ini adalah jumlah petani terbesar di luar Pulau Jawa. Sebaran pupuk subsidi itu sudah diatur sedemikian rupa, dimana Pupuk Kaltim harus menyiapkan stok untuk satu bulan ke depan. Jadi kami pertanyakan, kenapa harus ada keluhan kelangkaan pupuk subsidi. Keluhan itu datang dari siapa, dan kepada siapa. Karena sejauh yang sudah terdata, semuanya mendapatkan pupuk subsidi," ujarnya.
 
 
Mukri menjamin, jika Bali tidak akan terjadi kelangkaan pupuk subsidi terutama di musim tanam. Sebab, dirinya melayani petani melalui 9 gudang penyangga, 7 distributor, dan 163 kios yang menyetok pupuk subsidi.
 
 
Hingga 30 April kemarin, realisasi penjualan baru mencapai 10.988 ton dari alokasi sebanyak 31,173 ton di seluruh Bali. Distribusi terbesar berada di Kabupaten Tabanan yakni sebanyak 3,229 ton dari alokasi 8,022 ton. Berikutnya berturut-turut adalah Gianyar, Buleleng dan Karangasem.(BB)