Pindad Luncurkan 4 Senjata Model Baru. Ini Jenis dan Bentuknya!

  09 Juni 2016 PERISTIWA Nasional

Istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. PT Pindad meluncurkan empat senjata baru di Aula Bhinneka Tunggal Ika Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis (9/6/2016).

Adapun acara ini dihadiri oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Dirut PT Pindad Silmy Karim, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso dan Ketua Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Bambang Trihatmodjo.

Dirut PT Pindad Silmy Karim mengatakan, peluncuran empat senjata baru ini merupakan hasil pengembangan dan inovasi perusahaannya.

"Ini adalah komitmen PT Pindad untuk terus berinovasi dan menghasilkan produk yang berkualitas untuk bangsa dan negara, sebagai upaya untuk mendukung kekuatan-militer dan mewujudkan kemandirian industri pertahanan dalam negeri," kata Silmy.

Adapun, empat senjata baru yang diluncurkan adalah Senapan Serbu SS3, Senapan Serbu SS2 subsonic 5,66 mm, Sub Machine Gun PM3 dan Pistol G2 Premium.

"Empat senjata tersebut diciptakan untuk mendukung fungsi pasukan yang berbeda-beda dengan kualitas akurasi maksimal," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan keempat senjata tersebut merupakan hasil pengembangan produk PT Pindad yang didapatkan dari usaha penelitian yang sungguh-sungguh dan tanpa henti.

"Ini juga implementasi dari masukan yang diberikan oleh para pengguna," imbuhnya.

Silmy menjelaskan Senapan Serbu S3 adalah pengembangan dari seri senapan serbu Pindad yang sebelumnya, yaitu SS2.

"SS3 menggunakan munisi kaliber 7,62 mm dan didesain sebagai Designated Marksman Rifle dalam pasukan yang membutuhkan akurasi tinggi. Sedangkan, senapan serbu SS2 subsonic didesain khusus dengan peredam dan munisi subsonic 5,56 mm sehingga cocok untuk operasi khusus yang membutuhkan kemampuan pergerakan senyap," jelasnya.

Sementara itu, Sub Machine Gun PMB didesain dengan sistem penembakan gas operated dengan munisi 9 mm. PM3 lahir dari kebutuhan untuk mendukung operasi tempur jarak dekat, pembebasan sandera atau perang kota.

"Untuk Pistol G2 Premium lahir dari pengembangan desain dan frame pistol yang merupakan implementasi dari masukan para pengguna untuk meningkatkan kerumampuannya. Pistol G2 Premium menggunakan munisi dengan kaliber 9 mm dengan jarak tembak efektif 25 meter yang ditunjukkan untuk para atlet menembak kalangan militer dan sipil," tuturnya.

Melalui peluncran keempat senjata ini diharapkan mampu memberikan kepuasan kepada para pengguna dan terus membangun kepercayaan untuk terus menggunakan produk dalam negeri.

"Produk senjata yang dibuat oleh PT Pindad sangat berkualitas dan mampu bersaing dengan senjata buatan pabrikan asing. Hal tersebut telah dibuktikan bahwa produk senjata kami telah sukses diguakan para penembak TNI untuk berprestasi di ajang lomba internasional," tandasnya. (BB/inilah).