Mulut dan Gigit yang Tidak Bersih dapat Menyebabkan Kanker

  11 Agustus 2017 KESEHATAN Nasional

Ilustrasi

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Kebersihan tubuh menjadi penentu kesehatan. Semakin bersih badan, maka penyakit yang berasal dari virus atau kuman bakteri pun semakin mudah untuk dihalau. Sistem imun yang baik juga menjadi penentu kesehatan tubuh manusia.

Untuk penyakit kanker, ternyata kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi memiliki peranan penting dalam mengaktifkan sel kanker dalam tubuh. Kenapa bisa begitu? Dokter Gigi drg. Djamilah Tohirah, Sp.Pros menjelaskan, sebab kehigienisan mulut dan gigi menjadi penentu kualitas air liur yang dihasilkan. Jika kondisi mulut dan gigi buruk, maka air liur pun sama.

Nah, air liur yang buruk tersebut bisa menjadi awal masalah kanker di tubuh. Khususnya pada masalah kanker kepala leher yang mana fokus terjadinya adalah di saluran pernapasan dan mulut. "Kalau air liurnya mengandung banyak bakteri bahkan virus, tentunya akan memudahkan infeksi yang terjadi pada bagian tertentu yang berisiko terbentuk tumor," jelasnya saat diwawancarai Okezone di RSCM, Kamis 10 Agustus 2017.

BACA JUGA:

Drg Jamilah juga menuturkan, penting makanya bagi penderita kanker kepala leher untuk menjaga mulut dan giginya. Bahkan, perlu Anda ketahui, sebelum proses operasi pengangkatan kanker dilakukan, pasien harus menerima surat pernyataan sehat gigi dari dokter gigi.

Hal tersebut terjadi karena ketika proses operasi, dikhawatirkan ketika ada gigi yang bermasalah, malah akan memperburuk kondisi kesehatan pasien. "Makanya, pemeriksaan mulut dan gigi menjadi keharusan ketika dokter ingin mengoperasi pasien kanker kepala leher. Syaraf yang ada di gigi juga cukup erat kaitannya dengan jaringan sinus di wajah," papar dia menjelaskan.

Sementara itu, untuk perawatan kesehatan mulut, Drg Jamilah tidak begitu merekomendasikan penggunaan antiseptik.Khususnya pada mereka yang memiliki luka di bagian mulut. Sebab, jika larutan itu berinteraksi dengan luka, bisa menyebabkan infeksi. "Saya rekomendasikan bila ingin menggunakan obat kumur, larutkan dulu dengan air agar kandungan kimianya tidak terlalu kuat di mulut," tandasnya. (BB/oke)