Mih! Terseret Arus Deras KMP Cemerlang 55 'Kandas' di Selat Bali

  01 Oktober 2018 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. KMP Cemerlang 55 berlayar dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi sekitar pukul 08.00 Wita. Awal pelayaran laju kapal tersebut mulus dan lancar.
 
 
Namun setelah berlayar sekitar 40 menit, KMP yang dinahkodai Vega Hardiyanti itu akan menuju dermaga di Pelabuhan Gilimanuk, tidak kuat melawan arus deras ke arah selatan sehingga kapal hanyut mengikuti arah arus. 
 
Akhirnya KMP yang memuat puluhan penumpang dan satu unit bus besar, satu unit bus sedang, empat unit truk sedang, 20 unit sepeda motor dan empat mobil pribadi itu terhenti di sebelah dermaga pendaratan bahan bakar minyak PLTG di Pantai Lingkungan Penginuman, Gilimanuk atau sekitar dua kilometer dari Pelabuhan Gilimanuk. 
 
 
 
"Kapal itu hanyut karena arus deras menuju ke selatan, saat air surut dan terhenti sekitar satu mil dari pelabuhan. Untuk bisa ke pelabuhan sementara menunggu air pasang,” ujar Kepala Kantor Unit Pelaksana Pelabuhan (UPP) kelas III atau Syahbandar Gilimanuk, Nyoman Suryantha, Senin (1/10).
 
Setelah hampir satu jam KMP Cemerlang 55 tertahan disebelah dermaga pendaratan BBM PLTG, air laut berangsur pasang dan arus mulai melemah. Kapal kemudian berhasil melanjutkan pelayaran menuju Pelabuhan Gilimanuk dan berhasil sandar dengan selamat sekitar pukul 10.00 Wita. 
 
 
Setelah bongkar muatan, KMP Cemerlang 55 yang kebetulan jadwalnya off langsung kembali menuju Pelabuhan Ketapang tanpa muatan.(BB)