Memperihatinkan, DTW Teluk Gilimanuk Terlihat Kumuh

  28 Maret 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : suasana DTW Teluk Gilimanuk, tepatnya di bekas Wahana Aqua Dreamland

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Lantaran sampah kiriman, Daerah Tujuan Wisata (DTW) Teluk Gilimanuk yang sering dikunjungi masyarakat Bali khususnya masyarakat Jembrana terkesan tidak terawat. Tumpukan sampah pelastik maupun kayu-kayu memenuhi pantai yang sangat indah tersebut.

Terlihat tumpukan sampah plastik dan kayu memenuhi bibir pantai terlihat sangat jorok, apalagi sampah pelastik juga terlihat masih mengambang dan ada yang sudah tenggelam sehingga pantai indah tersebut terlihat kumuh

Lurah Gilimanuk, Ida Bagus Toni Wirahadikusuma saat dkonfirmasi awak media via telephone mengatakan, selama musim hujan di beberapa pantai di Kelurahan Gilimanuk tercemar dengan tumpukan sampah kiriman usai banjir di wilayah lain.

“Kami terus melakukan pembersihkan, dikarenakan staf kami terbatas sehingga secara bergiliran lokasi yang kami bersihkan yang dibantu juga oleh warga disekitar,” terangnya. Minggu (27/3/2022).

Terkait tumpukan sampah yang ada di bekas Wahana Aqua Dreamland, lanjut Toni, sampah tersebut merupakan sampah kiriman sama halnya di pantai lainnya di Gilimanuk. Dirinya juga sudah memberitahu kepada kelompok jukung yang mangkal ditempat tersebut untuk membantu membersihkan area pantai.

“Dikelurahan Gilimanuk setiap zona sudah ada pembagian seperti di wilayah Patung Siwa yang menghandle Dinas LH, untuk di wilayah pantai di handle oleh dinas pariwisata, jadi kami juga ikut bergotong royong di wilayah tersebut, kita terus pantau di wilayah tersebut agar pengunjung nyaman berlibur di Teluk Gilimanuk, apalagi disetiap hari raya warga banyak berkunjung ke Teluk Gilimanuk,” jelasnya.

Dirinya berharap, kedepan agar ada kesadaran dari warga yang sering mangkal mengais rejeki di tempat tersebut ikut membersihkan lokasi pantai. “Saya juga berharap kepada dinas terkait agar mengecek setiap Minggunya Teluk Gilimanuk, kalau memang diserahkan pengelolaannya kepada Kelurahan dan dikasi anggaran kami siap handle Teluk Gilimanuk tersebut. (BB)