Kuburan Anggota PKI Mulai Digali

  28 Mei 2017 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Sejumlah warga mulai pagi tadi hingga sore ini melaksanakan pengalian kuburan yang diduga kuburan salah seorang anggota PKI pada jaman G30S PKI.
 
Lokasi pembongkaran kuburan tersebut berada di Banjar Tegal Badeng, Desa Tegal Badeng Timur, Kecamatan Negara, Jembrana.
 
Tepatnya di kebun milik Nengah Astika yang berlokasi di belakang rumah Kelian Banjar Tegal Badeng Barat. Di lokasi tersebut terdapat sumur tua yang menurut informasi warga di dalamnya diduga berisi salah seorang anggota PKI yang dibunuh saat G30S PKI.
 
 
Penggalian dilakukan secara manual oleh beberapa warga dengan didahului prosesi ritual secara Agama Hindu dipimpin oleh seorang pemangku.
 
"Katanya di sumur ini ada dibuang satu orang anggota PKI yang dibunuh, makanya dilakukan penggalian untuk dipindahkan ke tempat yang lebih layak dan diupacarai,” ujar salah seorang warga, Minggu (28/5/2017).
 
Sementara hingga siang tadi penggalian terhadap sumur tua yang diperkirakan dengan kedalaman 10 meter masih berlangsung. Penggalian akan terus dilakukan sampai tulang belulang eks anggota PKI tersebut berhasil ditemukan.
 
Menurut warga, jika nanti diketamukan rencananya tulang belulang tersebut dipindahkan ke Setra (kuburan) untuk dilaksanakan prosesi pengabenan dan dilakukan upacara pecaruan di lokasi kebun untuk pembersihan.(BB)