Kondisi Memprihatinkan, Taman Bermain Anak di Gedung Ir, Sukarno Mulai Diperbaiki

  13 Desember 2022 HIBURAN Jembrana

Ket poto : Kondisi RBA di belakang Gedung Ir. Sukarno

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Terlihat terkesan membahayakan, Ruang Bermain Anak (RBA) yang bertempat di belakang Gedung Ir. Sukarno sudah diperbaiki. Sebelumnya tempat bermain anak-anak tersebut terlihat sangat memprihatintan dan terkesan membahayakan lantaran banyak alat bermain rusak. Kini seluruh fasilitas pendukung sudah mulai diperbaiki (revitalisasi). Tahun depan, direncanakan 4 RBH lainnya segera direvitalisasi

Pantauan awak media, RBA yang berlokasi di halaman belakang gedung Ir. Soekarno, Kecamatan Jembrana sudah dilakukan perbaikan. Perbaikan sudah hampir 90 persen dan hanya tinggal memasang alas berupa rumput sintetis untuk melindungi anak ketika terjatuh agar tidak mengalami luka-luka. Menurut informasi, rusaknya alat bermain tersebut lantaran beberapa orang dewasa juga sering mempergunakan alat bermain khusus anak tersebut, menyebabkan alat tersebut rusak.

Salah seorang warga asal Baluk, I Kadek Agus Setiawan (30) saat ditemui menjelaskan, ruang bermain anak di gedung Ir. Soekarno ini memang menjadi langganan anak-anaknya saat weekend tiba. Terlebih jika diperbaiki akan lebih bagus. "Dulu saya takut ngelepas anak bermain sendiri, karena banyak serpihan yang membahayakan," terangnya. Selasa (14/12/2022).

Agus menambahkan, jika kondisinya diperbaiki seperti saat ini akan sangat bagus, dan tidak membahayakan. "Terlebih bermain disini kan tidak bayar, jadi sangat setuju jika diperbaiki. Namun kalau yang menggunakan orang dewasa pasti akan rusak lagi. Kami berharap ada penjaga disini agar tidak sembarang orang yang bermain," ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jembrana, Dewa Gede Ary Candra Wisnawa dikonfirmasi terpisah menjelaskan, saat ini ruang bermain anak yang dilakukan revitalisasi di halaman belakang gedung kesenian Ir. Soekarno, agar dapat menjadi contoh RBA umum lainny yang tersebar di Kabupaten Jembrana.

"Kita akan lakukan revitalisasi untuk RBA lain yang ada di Jembrana, sekarang ini ada 5 RBA termasuk di gedung Ir. soekarno ini, dan yang sudah dilakukan perbaikan hanya 1," ujarnya Dewa Ary.

Dewa Ary juga mengatakan, untuk perbaikan RBA ini masih dilakukan bertahap, dan direncanakan pada tahun 2023 akan dilakukan revitalisasi di RBA lain yang ada di Jembrana. "Kita akan lakukan oerbaikan secara bertahap. Tahun depan kita akan rencanakan sama persis dengan yang sudah kita buat di halaman belakang gedung kesenian Bung Karno," katanya.

RBH yang sudah di revitalisasi ini, lanjut Dewa Ary, dirinya berharap agar dijaga bersama-sama, jangan sampai orang dewasa juga ikut bermain, bahkan ada oknum yang sengaja untuk merusak. "Kita jaga sama-sama, sehingga RBH ini dapat bertahan lama, terlebih fasilitas ini disediakan secara gratis," pungkasnya. (BB)