Kenapa Ya Kita Sering Ngantuk Setelah Makan?

  14 Maret 2017 KESEHATAN International

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Internasional. Ngantuk setelah makan adalah fenomena yang sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Meski begitu, belum banyak yang mengetahui alasan di balik terjadinya hal ini. Anda salah satunya?
 
Secara umum, ngantuk setelah makan adalah kondisi normal yang bisa terjadi pada setiap orang. Beberapa alasan yang dituding sebagai penyebab kondisi ini, di antaranya:
 
 
1. Jenis makanan yang dikonsumsi
 
Setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu –seperti nasi, kentang, pasta, roti, atau makanan manis– pankreas akan mengeluarkan insulin. Hal ini menyebabkan menyebabkan asam amino triptofan berpindah ke otak dan meningkatkan produksi serotonin maupun melatonin. 
 
Asam amino triptofan merupakan senyawa yang berfungsi dalam pembentukan serotonin dan melanin yang turut bekerja dala meningkatkan kualitas tidur. Pada akhirnya, timbulah perasaan ngantuk setelah makan.
 
2. Porsi makan berlebihan
 
Makan dalam porsi berlebihan, apalagi jika makanannya tinggi karbohidrat dan lemak, menyebabkan tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk memecah makanan. Akibatnya, rasa ngantuk setelah makan sulit dihindari.
 
 
3. Kurang tidur
 
Kurang tidur di malam hari membuat Anda kelelahan dan mengantuk di siang hari, terutama setelah makan siang.
 
4. Adanya penyakit tertentu
 
Meski sangat jarang, lelah atau ngantuk setelah makan bisa jadi pertanda adanya penyakit tertentu. Misalnya diabetes melitus, celiac, anemia, gangguan hormon tiroid, intoleransi makanan, dan sleep-apnea.
Kabar baiknya, ngantuk setelah makan bisa Anda cegah. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik, sayur-sayuran, dan gandum atau beras merah.
 
 
Selain itu, jangan lupa untuk minum cukup, hindari makanan tinggi gula dan karbohidrat. Jangan lupa, hindari juga makan berlebihan.
 
Sekarang Anda sudah tidak penasaran lagi tentang penyebab ngantuk setelah makan, bukan? Meski tidak melulu disebabkan oleh penyakit, namun bila sangat mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.(BB/net)