Kembang Hartawan "Beri Bekal" Finalis Jegeg Bagus Jembrana

  01 Agustus 2017 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Untuk menambah pengetahuan para finalis Jegeg Bagus Jembrana 2017, Pemkab Jembrana menggelar pembekalan kepada Finalis Jegeg Bagus Jembrana 2017 di Hotel Jimbarwana tadi pagi. 
 
Pada pembekalan kali ini, Wakil Bupati Jembrana menjadi narasumber dengan materi Public Speaking (berbicara di depan umum), Etiket dan Table Manners (etika makan). 
 
 
 
Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ny Ani Setiawarini Kembang Hartawan dan Kabid Pariwisata I Nyoman Wenten.
 
Dalam kesempatan tersebut, Kembang Hartawan mengatakan, dirinya pada pembekalan kali ini memberikan materi Public Speaking, Etiket dan Table Manners. 
 
“Materi tersebut sangatlah penting bagi finalis Jegeg Bagus Jembrana. Materi tersebut tidak hanya berguna untuk sebagai finalis saja, namun untuk bekal pribadi di masa depan,” terang Kembang, Selasa (1/8/2017).
 
 
Materi Public Speaking, Etiket dan Table Manners yang diberikan kali ini merupakan standar International. Mengingat jika diundang menghadiri acara atau jamuan Internasional, akan terlihat seberapa besar menghargai diri sendiri. 
 
"Tadi finalis sudah mengikuti pembekalan dengan baik, harapannya bisa diterapkan di lingkungan, keluarga dan acara penting lainnya,” ujar Kembang. 
 
Dalam pemaparannya pada materi public speaking, Kembang mencontohkan kepada Finalis Jegeg Bagus dengan video dari berbagai pemimpin dunia, antara lain Barrack Obama dan Soekarno. 
 
“Dalam Public Speaking, penguasaan materi, intonasi, bahasa tubuhnya,vokal pakek nafas diagfragma,cara menguasai sound system dan postur kita berdiri sangat mempengaruhi dalam kita melakukan Public Speaking,” imbuh Kembang.
 
Sedangkan dalam Table Manners yang mengunakan sistem Table D’hote (atau Set Menu) Kembang dibantu istrinya Ny Ani Setiawarini Kembang Hartawan mepraktekkan bagaimana cara duduk, postur tubuh saat menyantap makanan, menggunakan cutleries (alat hidang) dan lain sebagainya. 
 
 
“Jika dalam acara Internasional atau jamuan resmi kenegaraan, Table Manners sangat penting untuk diketahui,” tambahnya.
 
Finalis Jegeg Jembrana 2017, Gusti Ngurah Ayu Oriza Naeka Putri dan Ni Kadek Dewi Puspitayanti kompak mengatakan pembekalan kali ini sangat berharga dan materinya sangat bermanfaat di kemudian hari. 
 
Bagi Oriza materi table manners sangat berkesan baginya karena sebelumnya tidak mengetahui etika menyantap makanan yang benar, setelah pembekalan barulah tahu bahwa ada aturan-aturan, bahkan aturannya berbeda di setiap makanannya.
 
Sedangkan bagi Dewi, materi public speakinglah yang sangat berkesan karena menurutnya banyak sekali orang yang bisa berbicara namun belum tentu tahu tata cara berbicara yang baik. 
 
“Materi ini sangat baik bagi kami finalis Jegeg Bagus Jembrana untuk bisa berkomunikasi lebih baik kedepanya,” ujar finalis asal Banyubiru tersebut.  
 
Kabid Pariwisata Nyoman Wenten pada kesempatan tersebut mengatakan pembekalan kali ini merupakan rentetan acara Pemilihan Jegeg Bagus Jembrana 2017. 
 
 
Pemilihan finalis dimulai dengan seleksi yang melibatkan 70 orang peserta pada 13 Mei dengan penilaian test tertulis, wawancara, catwalk, dan grup diskusi. 
 
Dari 70 orang tersebut terpilih 10 finalis Jegeg dan 10 Finalis Bagus yang mengikuti pra karantina setiap minggu mulai 21 mei hingga 30 Juli 2017.
 
Dilanjutkan dengan pembekalan hari ini, kemudian tanggal 3 Agustus para finalis mengikuti fashion show di Gedung Kesenian Dr. Ir Soekarno. 
 
"Grand Final Jegeg Bagus Jembrana 2017 didakan pada tanggal 5 Agustus 2017 di Stage Ardha Candra Pura Jagatnatha Negara,” tutup  Wenten.(BB)