Kapolres Jembrana dan Baliberkarya.com Latih Puluhan Polisi Menulis Berita

  11 Juli 2017 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Profesionalisme, cepat dan tanggap bagi anggota polisi dalam melaksanakan tugas rupanya menjadi perhatian serius oleh Kapolres Jembrana.
 
Karena itu, puluhan anggotanya diantaranya, Bhabinkamtibmas, Satuan Fungsi (Satfung) dan staf Humas dikumpulkan di ruang Rupatama Polres Jembrana guna diberikan pelatihan jurnalistik, terutama menulis berita yang benar ala media online, Selasa (11/7/2017).
 
Materi pelatihan diberikan langsung oleh Kapolres Jembrana AKBP Priyanto Priyo Hutomo, Kabag Ops Kompol Didik Wiratmoko dan Baliberkarya.com yang diwakili wartawan Jembrana Dewa Putu Darmada (Dewa Bracuk).
 
 
 
 
"Kami ingin anggota terutama Bhabinkamtibmas memberikan laporan kegiatannya di desa bukan berbentuk laporan, melainkan berbentuk berita layaknya berita media online karena berita itu akan ditayangkan di media online kepolisian,” terang Kapolres Jembrana, Selasa (11/7/2017)
 
Menurutnya, selama ini para Bhabinkamtibmas dan Satuan Fungsi lainnya dalam membuat berita kegiatanya masih berbentuk laporan, sehingga perlu diberikan pelatihan tetang tata cara menulis berita yang benar sesuai media online umumnya.
 
 
"Untuk teknis penulisan yang benar kami meminta bantuan rekan wartawan dari media online Baliberkarya.com karena memang sudah biasa membuat berita,” imbuhnya.
 
Lanjut Kapolres dengan pelatihan ini diharapkan semua anggota terutama Bhabinkamtibmas tidak lagi melaporkan kegiatannya dalam bentuk laporan biasa kepada pimpinan, melainkan dalam bentuk berita.
 
Sementara itu Dewa Darmada dari Baliberkarya.com mengatakan, materi yang diberikan dalam pelatihan singkat tersebut adalah teknis penulisan berita sesuai dengan kaidah media online umum.
 
"Kami bimbing mulai dari pemilihan judul, cara penulisannya kemudian isi berita termasuk tanda baca dalam penulisan berita,” tuturnya.
 
Dia berharap dari pelatihan ini, sedikit demi sedikit anggota Polres Jembrana terbiasa membuat berita layaknya wartawan untuk diterbitkan di media online milik kepolisian.
 
 
Disisi lain Bhabinkamtibmas Desa Yehembang Kauh, Mendoyo yang juga salah seorang peserta pelatihan Aiptu Made Kartika usai pelatihan mengaku sedikit memahami tenis penulisan berita sesuai penulisan berita di media online umum.
 
"Selama ini kami masih membuat berita dalam bentuk laporan karena belum pernah ada pelatihan. Sekarang sudah memahami meskipun baru sedikit,” terangnya.
 
Pihaknya berharap kedepannya ada pelatihan serupa lagi, jika perlu dalam pelatihan tersebut langsung diisi praktik membuat berita sehingga anggota polisi terbiasa dalam membuat berita yang baik dan benar sesuai kaidah jurnalistik.(BB)