Jalur Bedugul Tertutup Longsor, Pancasari Terendam

  22 Desember 2016 PERISTIWA Tabanan

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Tabanan. Hujan deras disertai angin kencang dan halilintar di kawasan Tabanan dan sekitarnya menimbulkan bencana tanah longsor di Banjar Candikuning II, Desa Candikuning, Kecainatan Baturiti, Tabanan, Rabu (21/12/2016) malam. Akibat kejadian itu, jalur Denpasar-Singaraja via Bedugul tertutup longsor dan menimbulkan kemacetan panjang. Bahkan untuk waktu cukup lama, kawasan Desa Pancasari, Buleleng terendam air keruh berlumpur.
 
Menurut informasi, musibah tanah longsor di Banjar Candikuning II terjadi sekitar pukul 19.00 Wita. Tinggi long­sor 10 meter dengan lebar 15 meter. "Sekarang macet total. Material longsor menutupi badan jalan," ungkap seorang warga yang melewati jalur itu.
 
Mantan Kelian Dinas Taman Tanda, Desa Batunya, Baturiti, Dewa Cede Oka Adnyana mengatakan, tanah longsor menutup akses jalan terjadi di depan restoran Matahari,
 
dekat Danau Beratan. la juga mendengar kabar jika tembok rumah Kelian Dinas Banjar Taman Tanda juga mengalami kerusakan akibat hujan deras. "Informasi ada sejumlah titik bencana di Batu­riti," imbuhnya.
 
Sementara Kepala BPBD Tabanan I Gusti Ngurah Made Sucita saat dikonfirmasi membenarkan adanya musibah tersebut. "Sekarang kami datangkan alat berat," ungkapnya. Dikatakan, jalur Denpasar-Singaraja lumpuh akibat material tanah longsor menumpuk di jalan. Sucita juga membenarkan tembok rumah Kelian Dinas Banjar Taman Tanda juga mengalami keru­sakan.
 
Gara-gara kejadian ini lalu lintas jalur Denpasar-Singaraja dan sebaliknya dialihkan ke jalan alternative yang ada. Bahkan, ada warga yang memilih harus menginap di rumah kerabatnya, ketimbang melanjutkan perjalanan dalam situasi yang “seram” menurut mereka. (BB)