Inilah Pemenang Lomba Menulis Artikel ‘Kebahasaan dan Kesastraan’ Balai Bahasa Bali 2016

  17 Juni 2016 HIBURAN Denpasar

Istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Dosen Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum. ke luar sebagai pemenang pertama lomba karya tulis ‘Kebahasaan dan Kesastraan’ yang dilaksanakan Balai Bahasa Bali tahun 2016. Laksmita Sari menang melalui tulisan berjudul “Kekerasan dalam Cerita Rakyat Bali, Mestikah Dipertahankan?”, dengan nilai 291. Artikel ini mengalahkan 32 artikel lainnya.
 
Urutan kedua dan ketiga diraih oleh I Wayan Widyartha Suryawan dengan artikel “Melacak Bangsa Melalui Karya Sastra” dengan nilai 277, juara ketiga adalah dosen Sastra Undiksha Singaraja Dr. I Wayan Artika, S.Pd., M.Hum. dengan artikel “Bangunan Keindonesiaan dalam Sastra” dengan nilai 271.
 
Juara Harapan I, II, dan III masing-masing Ni Nyoman Ayu Suciartini dengan artikel “Tidak Ada New York Hari Ini Bangkitkan Kekuatan Bahasa”, I Komang Wisnu Budi Wijaya dengan artikel “Melestarikan Bahasa Bali Melalui Pembelajaran Bahasa Bali Berbasis TIK”, dan I Ketut Serawan, S.Pd. dengan artikel “Menggali Local Genius Sastra untuk Membangun Karakter Kenusantaraan”.
 
Tim juri kegiatan lomba menulis artikel bagi masyarakat umum se-Bali yang terdiri atas pakar bahasa dan sastra yang terkenal di Bali, yaitu Prof. Dr. Nyoman Darma Putra, M.Litt., Dr. Nengah Arnawa, M.Hum., dan Drs. I Made Madia, M.Hum. telah memutuskan dan menetapkan pemenangnya melalui proses seleksi yang sangat ketat.
 
Hadiah Pemenang
Pemenang akan memperoleh piagam, trofi, dan uang pembinaan. Pemanang I memperoleh uang tunai sebesar Rp 2.000.000,00, pemenang II mendapat Rp1.500.000,00 pemenang III mendapat Rp1.000.000,00 dan pemenang harapan I, II, III mendapat @Rp750.000,00.
 
Penyerahan hadiah dilaksanakan pada Kamis, 23 Juni 2016 bertepatan dengan puncak kegiatan Olimpiade Bahasa dan Sastra, yaitu musikalisasi puisi di Aula Balai Bahasa Bali dari pukul 08.00 sampai selesai.
 
 
Olimpiade Bahasa dan Sastra
 
Lomba penulisan artikel ini merupakan salah satu kegiatan serangkaian dengan kegiatan Olimpiade Bahasa dan Sastra, Balai Bahasa Bali Tahun 2016. Lomba Menulis Artikel ditujukan bagi Masyarakat Umum Se-Bali dengan tema “Pengembangan Bahasa dan Sastra dalam Mendukung Budaya Literasi”.
 
Empat subtema yang ditawarkan dalam lomba adalah bahasa dan sastra sebagai cermin identitas bangsa; bahasa dan sastra di era teknologi komunikasi; pengaruh budaya Nusantara terhadap perkembangan bahasa dan sastra Indonesia; dan hubungan budaya, bahasa, dan sastra dalam era pasar bebas.
 
Lomba menulis artikel ini merupakan lomba kali pertama dilaksanakan di Balai Bahasa Bali. Panitia menargetkan peserta sebanyak 50 orang. Namun, hanya ada 33 naskah yang diterima panitia dari berbagai kalangan, seperti pelajar, mahasiswa, guru, dosen, dan wartawan.
 
Tujuan lomba tersebut adalah mendorong generasi muda/remaja untuk berlatih dan mengasah minat, bakat, kemampuan, dan kreativitas di bidang bahasa dan sastra Indonesia; menumbuhkembangkan sikap positif dan rasa cinta terhadap bahasa dan sastra Indonesia; dan menumbuhkembangkan kegiatan menulis di kalangan generasi muda/remaja.
 
 
  Mengasah Bakat Menulis
 
Di sela-sela rapat juri yang dilaksanakan pada hari Senin, 13 Juni 2016 di Balai Bahasa Bali, Prof. Dr. Nyoman Darma Putra, M.Liit. menyatakan bahwa kegiatan lomba menulis artikel ini memiliki peluang besar untuk membudayakan generasi muda mengasah bakat menulis.
Selain itu, “Karena 33 naskah yang masuk semuanya bagus sehingga juri kesulitan menentukan pemenang, tetapi harus tetap diputuskan enam pemenang,” lanjut Drs. I Made Madia, M.Hum.
 
Dr. Nengah Arnawa, M.Hum. menambahkan argumen bahwa setiap perlombaan harus ada pemenangnya dan bagi peserta yang kalah harus tetap semangat untuk terus menulis artikel bahasa atau sastra. Ketiga dewan juri tersebut berdebat dan beradu argumen untuk menentukan pemenang lomba. Nama-nama pemenang dan nilai serta judul artikelnya adalah sebagai berikut:
 
Juara  I Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum., judul tulisan Kekerasan dalam Cerita Rakyat Bali Mestikah Dipertahankan?
 
Juara II I Wayan Widyartha Suryawan
(Melacak Bangsa Melalui Karya Sastra)
 
Juara III Dr. I Wayan Artika, S.Pd., M.Hum.
(Bangunan Keindonesiaan dalam Sastra)
 
Harapan I Ni Nyoman Ayu Suciartini
(Tidak Ada New York Hari Ini Bangkitkan Kekuatan Bahasa)
 
Harapan II I Komang Wisnu Budi Wijaya
(Melestarikan Bahasa Bali Melalui Pembelajaran Bahasa Bali Berbasis TIK)
 
Harapan III I Ketut Serawan, S.Pd.
(Menggali Local Genius Sastra untuk Membangun Karakter Kenusantaraan).
 
Selamat kepada para pemenang dan kegiatan seperti ini dapat memacu semangat untuk terus berkreativitas dan berkarya. Tahun berikutnya kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali oleh Balai Bahasa dengan sasaran generasi muda, khususnya calon penulis atau jurnalis, baik media elektronik maupun cetak.
 
Keterangan lebih lanjut mengenai pengambilan hadiah dapat menghubungi panitia lomba, Puji Retno H. dengan nomor ponsel/Whatsapp/Line 08563758246. (bb)