Ini Dia Smartphone Terlaris di China

  20 Juni 2016 EKONOMI International

Istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Internasional. - Kerja keras OPPO untuk menjadi salah satu produsen smartphone terbesar dunia di tahun ini sedikit demi sedikit mulai terlihat. Salah satunya dari hasil penjualan produk smartphone mereka yang menduduki posisi pertama di China sepanjang Mei 2016.

Setelah dinyatakan oleh Gartner sebagai produsen smartphone terlaris keempat di dunia untuk kuartal pertama tahun ini, OPPO mengumumkan bahwa mereka telah sukses menjual 7 juta unit F1 Plus (R9) sejak awal perilisan di bulan Maret lalu, alias setara dengan satu unit terjual setiap 1,1 detik.

Kini sebuah firma riset pasar ternama China, yakni Sino, merilis sebuah laporan tentang pangsa pasar smartphone di Negeri Tirai Bambu untuk Mei 2016, dan hasilnya OPPO menduduki peringkat pertama di atas Apple, Huawei, dan Samsung.

Mengutip Gizmochina, Sino mencatat bahwa sepanjang Mei lalu, OPPO mampu menjual 5,31 juta unit smartphone di China dengan pangsa pasar 15,3%. Adapun peringkat kedua ditempati oleh produsen China lainnya, yakni Vivo, dengan penjualan 4,22 juta unit atau merebut pangsa pasar 12,1%.

Sedangkan tiga besar produsen terlaris di dunia, yakni Apple, Huawei, dan Samsung, hanya mampu menempati posisi ketiga, empat, dan lima, dengan masing-masing meraup penjualan sebanyak 3,72 juta unit (pangsa pasar 10,7%), 3,45 juta (9,9%), dan 2,15 juta (6,2%).

Hal yang cukup mengejutkan dari laporan terbaru Sino ini adalah munculnya Gionee di peringkat keenam penjualan smartphone terlaris di China sepanjang Mei 2016 dengan perolehan 1,71 juta unit atau meraih 4,9% pangsa pasar.

Secara keseluruhan, Sino mencatat total penjualan smartphone di pasar China sepanjang Mei lalu mencapai 34,74 juta unit, dimana jumlah tersebut meningkat 12,2% ketimbang April 2016. Merk-merk lokal pun mencetak prestasi gemilang dengan kontribusi mencapai 82,1% penjualan di bulan Mei 2016. (BB/inilah).