Ini 5 Tanda Anda Belum Siap Jadi Orang Sukses

  08 Oktober 2016 OPINI International

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Internasional. Kesuksesan seseorang bukan jatuh dari langit. Ada upaya dan perjuangan untuk meraihnya. Kecuali kita adalah anak penguasa ladang emas ratusan hektare.
 
 
Tapi jikapun kita berasal dari keluarga kaya raya, kesuksesan yang kita dapat sebagai warisan itu bisa juga lenyap seketika. Semuanya bergantung pada kesiapan kita untuk menjadi orang sukses.
 
 
Sukses di sini tentunya mengarah ke soal finansial. Tapi sisi lainnya dalam kehidupan gak lantas ditinggalkan begitu saja.
 
 
Akan lebih indah jika kesuksesan finansial itu diiringi dengan keberhasilan dalam hal lainnya. Misalnya dalam rumah tangga. Kan gak lucu, rumah kayak istana tapi keluarga berantakan.
 
 
Karena itulah kita mesti menyiapkan segalanya agar sukses lahir-batin. Mari kita lihat ke diri masing-masing, jangan-jangan 5 tanda kamu belum siap jadi orang sukses ini masih merongrong:
 
 
1.Berpikiran sempit
 
Pikiran yang terbuka alias open minded diperlukan untuk terus mengasah kemampuan diri. Dengan membuka diri ke hal-hal baru, kita pun bisa menemukan dan belajar hal baru. Pengetahuan ini bisa diolah sebagai bahan bakar kita untuk mengejar kesuksesan. Hal-hal ini antara lain saran, kritik, dan bahkan umpatan orang.
 
 
Namun tentu saja kita mesti menyaring semuanya. Yang positif kita olah, yang negatif dibuang ke tempat sampah.
Yang penting, kita terbuka menerima segala sesuatu menyangkut usaha/karier kita. Kalau berpikiran sempit, yang berada di pikiran ya itu-itu saja. Bisa-bisa kita kalah bersaing melawan mereka yang lebih terbuka.
 
 
2.Pasif
 
Orang pasif cenderung menunggu. Mana bisa menunggu kesuksesan? Kita mesti aktif untuk meraihnya. Mulailah dengan sering menunjukkan inisiatif.
 
 
Baik sebagai pengusaha maupun pegawai, inisiatif itu penting sekali. Tanpa inisiatif, aktivitas akan monoton dan ketinggalan zaman. Hal ini juga berhubungan dengan keberanian. Kita mesti berani berinisiatif. Orang yang sering malu-malu jangan harap bisa menikmati kesuksesan.
 
 
3.Gampang nyerah
 
Pengusaha yang sukses itu pantang menyerah. Meski dihadang apa pun, mesti dicari jalan keluar dari masalah tersebut. Bukan malah nyerah lalu kabur dari masalah.
 
 
Jika suatu saat datang masalah lalu nyerah, bisa saja saat itu cari celah lain. Tapi jika datang masalah lagi, kabur lagi ke hal lain terus seperti itu, wasalam. Itu sama saja memulai dari 0 terus-menerus.
Hadapi saja masalah itu. Jika gagal, kita malah bisa belajar dari sana. Dengan begitu, kita bisa mencegah mengulangi kesalahan dalam proses berikutnya.
 
 
4.Terburu nafsu
 
Nafsu di sini menandakan keinginan. Sebagai orang yang mengejar kesuksesan, harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jika tenggelam dalam nafsu menginginkan sesuatu, orang bisa berbuat apa pun. Termasuk yang melanggar norma dan bahkan ketentuan hukum.
 
 
Hal ini malah bisa menjadi blunder dalam upaya mencapai kesuksesan. Target harus dipasang sebagai kebutuhan, bukan keinginan. Pandai-pandailah mengatur ambisi biar tetap terkendali.
 
 
5.Berpikir negatif
 
Pikiran yang negatif biasanya berujung ke perbuatan yang negatif pula. Meski pesaing terlihat melakukan kecurangan, jangan sampai terbawa arus. Pikiran negatif itu mesti diverifikasi dulu.
 
 
Siapa tahu itu bukan kecurangan. Terlebih jika sampai ikut melakukan kecurangan juga. Dalihnya, yang lain juga curang kok. Hal buruk kok diikuti. Anak SD saja disuruh menghindari yang buruk-buruk.
 
 
Itulah 5 tanda seseorang belum siap jadi orang sukses. Semoga nggak ada tanda-tanda itu pada diri kita sekalian.(BB/yahoo)