Hadapi Lebaran ASDP Siagakan 49 Armada Kapal di Selat Bali

  26 Mei 2017 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Menjelang Lebaran mendatang, sebanyak 49 armada kapal disiapkan pihak ASDP untuk melayani penyeberangan di Selat Bali. 
 
Kapal-kapal ini akan dioperasikan PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) dengan skema normal, padat maupun sangat padat sesuai dengan kebutuhan arus penyeberangan saat berlangsungnya angkutan Lebaran nanti.
 
"Jadi untuk antisipasi angkutan Lebaran tahun ini kami akan menyiagakan 49 kapal termasuk 7 unit diantaranya yang masih docking. Skemanya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya," terang Heru Wahyono, Manager Usaha PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Pelabuhan. Gilimanuk ketika ditemui, Jumat (26/5/2017) 
 
Menurutnya, saat ini pihaknya tengah mengadakan persiapan menghadapi angkutan Lebaran tahun 2017/2018. Namun persiapan pada tahun ini tak begitu signifikan mengingat sejumlah peningkatan layanan seperti penambahan loket tiket, pelebaran akses jalan sudah dilakukan pada saat angkutan Lebaran tahun sebelumnya. 
 
 
Begitu pula dengan peningkatan layanan fisik lainnya berupa pengaspalan jalan yang kini sedang berlangsung di areal parkir Pelabuhan dan areal Toll Gate. 
 
Untuk loket tiket, saat ini pihaknya hanya mengoperasikan 3 loket tiket kendaraan roda empat dari 4 loket yang ada. Sedangkan untuk loket tiket kendaraan roda 2 dioperasikan 1 loket dari 7 loket tiket yang ada. 
 
Namun mendekati hari H angkutan Mudik Lebaran nanti semua loket tiket ini dipastikan akan dioperasikan. Begitu pula dengan loket tiket khusus kendaraan angkutan barang yang berada di dermaga LCM Pelabuhan Gilimanuk.
 
Sementara itu, untuk kapal penyeberangan yang eksisting atau siaga saat ini jumlahnya mencapai 42 unit. Disebutkan, 30 diantaranya beroperasi di dermaga Mobile Bridge (MB) I, II, III dan dermaga Ponton  serta 12 lainnya beroperasi di dermaga Landing Craft Machine (LCM). 
 
Sementara, dari jumlah tersebut yang aktif beroperasi saat ini hanya berjumlah 30 kapal dengan rincian 20 kapal beroperasi di dermaga MB I, II dan III serta 10 kapal sisanya beroperasi di LCM.
 
"Kami juga berencana akan membuka Buffer Zone atau Zona Penyangga yang akan di buka di Rest Area Soka Tabanan. Jadi nanti Pemudik atau pengguna jasa bisa membeli tiket penyeberangan langsung di Soka tanpa harus mengantre di Pelabuhan Gilimanuk," pungkasnya.(BB)