Geger! Warga Pendem Temukan Batu Berbentuk Lingga dan Naga

  23 Januari 2018 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Warga Kelurahan Pendem, Jembrana kemarin digegerkan dengan penemuan batu besar berbentuk Lingga dan Naga.
 
 
Batu aneh tersebut ditemukan pertama kali oleh Bendesa Pakraman Pendem dan warganya di hutan Pendem atau sekitar 10 Km dari jantung kota Pendem ke arah utara, saat melaksanakan ritual keagamaan.
 
 
Batu berukuran sangat besar tersebut ditemukan di jurang yang terjal berbentuk memanjang seperti naga, lengkap dengan kepala dan ekornya. Batu tersebut juga berbentuk Lingga dalam komdisi ditumbuhi lumut.
 
Bendesa Pakraman Pendem Wayan Diandra dikonfiasi tadi sore membenarkan temuan tersebut. Bahkan dirinya dan krama adat yang menemukan batu tersebut di tengah hutan saat melaksanakan upacara keagamaan kemarin.
 
Lanjut Diandra, batu tersebut berukuran sangat besar berbentuk Lingga dan Naga. Dia menduga bantu tersebut merupakan benda purbakala dan digunakan sebagai tempat pemujaan pada jaman itu.
 
 
 
"Saya menduga jaman dulu batu itu sebagai tempat pemujaan Siwa. Atau bisa juga batu biasa yang terbentuk melalui proses alam," terangnya, Selasa (23/1/2018).
 
Menurut Diandra, sekitar 800 meter di selatan batu tersebut juga ditemukan kuburan batu atau Sarkopagus dan diduga merupakan makam raja atau kerabat raja ataupun makam kaum bangsawan.
 
"Saya juga perkirakan dibawah batu berbentuk Lingga tersebut ada Yoni. Tapi saya tidak berani memastikannya karena tidak berani membongkar batu tersebut," ujarnya.
 
 
Untuk memastikannya, dirinya telah melaporkan temuan tersebut kepada Dinas Kebudayaan Jembrana dan Bagian Purbakala Provinsi Bali. Dan sesegera mungkin batu tersebut dinteliti. (BB).