Disdukcapil Jembrana Data Ribuan Pemilih Tak Ber-KTP Elektronik

  23 Maret 2018 PERISTIWA Jembrana

nett

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Data rekapitulasi KPU terkait ribuan pemilih potensial non KTP-Elektronik (KTP-El) di Kabupaten Jembrana dibantah oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jembrana.  
 
 
Dari hasil pengecekan data yang disodorkan KPU kemarin, sebagian besar sudah melakukan rekam data bahkan mengantongi KTP-El.  Bahkan dari laporan data sistem perekaman KTP-el, beberapa orang sudah mendapatkan fisik KTP sejak 2016 lalu.
 
“Kami yakin data pemilih tak ber-KTP-el itu tidak 100 persen akurat,” terang Kadis Dukcapil Pemkab Jembrana Ketut Wiaspada, Jumat (23/3/2018).
 
Lanjutnya, sampel yang dilakukan pengecekan itu merupakan desa/kelurahan yang banyak ditemukan pemilih tak ber-KTP-el, seperti di Kecamatan Negara.
 
“Memang belum semuanya kami cek, ada ribuan yang dilaporkan jadi kami periksa satu per satu. Tapi kami memastikan tidak 100 persen tak ber-KTP-el,” tandasnya.
 
 
 
Selain banyak yang sudah terekam data, dari data yang diterima itu juga ada yang memang benar tak ber-KTP Elektronik lantaran belum cukup umur. Dan sejak Januari lalu sudah rutin dilakukan perekaman data ke Sekolah Menengah.
 
“Sampai saat ini sudah ada beberapa sekolah kita jemput bola untuk perekaman data pemilih pemula. Kita rekam di sekolah karena lebih efektif,” ujarnya.
 
Namun dari data yang baru diterima Kamis (22/3) kemarin, nantinya ketika ada yang memang tidak tercatat ber-KTP-El, Dinas akan jemput bola ke desa/kelurahan.   
 
Sebelumnya diketahui dari rapat pleno Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali di Jembrana terdapat ribuan pemilih potensial non KTP-el. Tepatnya dari DPS 227.722 orang pemilih ada 2.787 orang yang  belum ber-KTP-el.  
 
keterangan : I Ketut Wiaspada/ist
 
 
DPS ini merupakan hasil dari pencocokan dan penelitian (coklit) dari 20 Januari hingga 18 Februari lalu. Selanjutnya daftar pemilih tersebut akan dimutakhirkan lagi, untuk ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT). 
 
Jumlah pemilih potensial non KTP-El tersebut tersebar di seluruh Kecamatan Jembrana. Namun pemilih potensial non-KTP itu terdata di 288 TPS atau tepatnya 47 Desa/Kelurahan dari total 51 Desa/kelurahan. 
 
Dari lima kecamatan tersebut, yang terbanyak ditemukan pemilih potensial non KTP-el ada di Kecamatan Negara. Total pemilih non-KTP-el itu tersebar di 12 desa/kelurahan dengan 100 TPS.(BB)